Wednesday, March 10, 2010

6th of March 2010 Class at a Glance

Klas minggu lalu, nampaknya baru sekarang bisa diulas. Sempet lupa juga materi bahasan’nya. Tapi yang jelas setelah beberapa saat mengingat, paling tidak ada minimal dua materei yang disampaikan.

Bahasan pertama terkait aspek teknologi dengan thema ”Jaringan” atau boleh juga disebut “platform jaringan” khususnya di industri telekomunikasi dengan cakupan Circuit Switched dan Packet Switched.

Jaringan berbasis circuit switched diwakili oleh PSTN dan STBS, dengan mengulas antara lain struktur jaringan, hirarki sentral, dan prinsip dasar mekanisme komunikasi. Sementara pada jaringan berbasis packet switched yang diwakili oleh jaringan IP melalui LAN, WAN, dan Global Internet, dibahas tahapan pengiriman informasi dan ulasan mengenai connection oriented berbasis jaringan IP.

Bahasan kedua sebenarnya mengulas materi quiz, yang kemudian menjadi bagian dari PR, yang selanjutnya dibahas menjadi bedah artikel dari tulisan dengan judul ”a new telecommunication world”. Artikel yang sebagian besar menampilkan grafik untuk kasus di Amerika mencoba menyajikan terjadinya perubahan khususnya di segmen industri narrowband (POTS) yang mengecil akibat segmen industri lain seperti cable, seluler, atau VoIP.

Klas juga sempat membahas bersama secara sekilas materi PR yang dikumpulkan. , Kalau ada yang belum sempat submit bisa segera di kirim melalui email selain di posting minggu depan di klas berikutnya.

1 comment:

Anonymous said...

pak, saya sudah beberapa kali email ke bapak, tp selalu gagal, karena alamat email yang tidak sesuai.

email bapak: dekki@telkom.net, ato bukan?