Monday, March 29, 2010

Axiata Lepas 18% Saham XL

Diambil dari VivaNews 29/03/10

Axiata Group Berhad menyelesaikan proses pelepasan sahamnya di PT XL Axiata Tbk (EXCL) sebanyak 1,53 miliar saham atau setara 18 persen pada harga Rp 3.300 per unit.

Jadi, total nilai transaksi sekitar Rp 5,05 triliun. Transaksi pelepasan saham tersebut merupakan yang terbesar selama lebih dari 10 tahun terakhir.

Tujuan private placement Axiata tersebut untuk meningkatkan jumlah saham XL Axiata yang beredar di publik. Selain itu, aksi korporasi tersebut diharapkan dapat memperluas basis investor perseroan dan meningkatkan likuiditas.

Manajemen berharap, pelaksanaan private placement tersebut akan berdampak positif bagi perseroan, bursa, dan pemegang saham publik.

Sebelum private placement, jumlah saham XL Axiata yang dicatatkan di BEI mencapai 8,5 miliar. Namun, dari jumlah saham tersebut, hanya sekitar 16,79 juta atau sekitar 0,19 persen dimiliki publik.

Kecilnya jumlah saham perseroan yang dimiliki publik itu mengakibatkan perdagangan saham XL Axiata di BEI menjadi tidak likuid.

Axiata melalui Indocel Holding Sdn Bhd menguasai 86,49 persen dan Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat) International Indonesia Ltd memiliki 13,31 persen.

No comments: