Tuesday, March 15, 2011

11th of March 2011 Class at a Glance (5): Technology Perspectives

Alhamdulillah, setelah beberapa sessi sempat tertunda karena ”kisruh”, akhirnya sessi ke 5 terlaksana juga. Untuk mengingatkan, sessi sebelumnya dilaksanakan tanggal 19 Februari, jadi sekira 3 minggu sessi kita libur.

Seperti yang telah di rencanakan sebelumnya, sessi kali ini akan membahas aspek teknologi yang terkait dengan industri telematika. Bahasan di ambil dari tugas paparan per individu. Issue ”kisruh” nampaknya menjadi blessing in disguise buat kalian, partisipan, untuk lebih memperbaiki tugas dari durasi yang cukup panjang. Sehingga seharusnya materi paparan dan penyajian seharusnya lebih dari perkiraan sebelumnya.

Sayangnya sampai saat ini belum ada yang menyampaikan materi yang di paparkan sessi sebelumnya. Sehingga posting kali ini belum bisa me’share materi.

Paparan dimulai oleh the one and only lady in class, Shienna, yang mengulas Pager dan Seluler. Materi yang diambil dari (kalau tidak salah) text book nya Anabell Z Dodd, disampaikan oleh Shienna mulai dari Paging Satu Arah, Dua Arah sampai teknologi seluler. Sampai akhir paparan belum ada yang mengajukan pertanyaan, mungkin karena paparan pertama, dan belum panas, atau karena disebutkan pemapar sebagai teknologi ”jadhul”. Namun sebenarnya I am a bit curious to implement that technology for simple and should be cheaper texting (sms). Considering texting business still popular and create significant revenue stream.

Paparan kedua disampaikan Andrian dengan judul Wimax 802.16 d/e. Teknologi ini dari awal menjadi primadona untuk akses pita lebar tanpa kabel. Issue tekait, frekuensi, LoS, Nomadic dan Mobile diulas dalam paparan tersebut. Lebih lengkap bisa diakses langsung dari materi yang moga-moga bisa segera di kirim. Satu hal yang menarik, Andrian selain menyajikan materi dari aspek teknologi namun menyiapkan pula topik Wimax dari non teknis nya. Sehingga pada saat ada pertanyaan di luar aspek teknologi masih bisa dijawab dari berita di media.

Paparan ketiga disampaikan Renaldy dengan topik WiBro. Teknologi yang masuk dalam keluarga Wimax ini diklaim dikembangkan Korea Selatan dari teknologi HPI. Issue terkait kecepatan atau pergerakan CPE yang menjadi kelebihan WiBro dibanding akses pita lebar tanpa kabel yang lain disampaikan dalam peparan tersebut. Kita tunggu submit materi untuk dapat di share di sini.


Paparan keempat disajikan oleh Diaz yang mengupas beberapa teknologi seluler khususnya HSPA, HSDPA, dan HSUPA. HSDPA yang mengingatkan kita akan ADSL memperlihatkan kecenderungan pengguna yang spesifik sehingga teknik ini lebih mengoptimalkan kanal download nya. Sementara HSUPA meski belum menunjukkan komposisi memperlihatkan hal sebaliknya (atau minimal tidak terlalu mengecilkan upload stream nya).

Paparan terakhir di sessi hari ke lima, disampaikan Toar dengan topik Cloud. Meski topik ini menurut hemat kami sebenarnya bukan murni teknologi, tapi lebih ke arah business model, namun dari awal saya sudah berikan sebagai alternatif, mengingat perkembangannya yang pesat dan sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Issue pengelolaan/service termasuk QoS dan investasi menjadi tujuan dari tawaran Cloud ini. Saya hanya mengingatkan issue IaaS, PaaS dan SaaS yang biasanya menjadi generic theme di Cloud ini, sehingga apa yang di taruh di awan ngga hanya Data/File semata.

Bagaimana dengan 2/3 kandidat pemapar yang lain? Kita tunggu minggu depan paska UTS.

No comments: