Wednesday, March 23, 2011

18th of March 2011 Class at a Glance (6): UTS & 2nd Technology Perspectives

CaaG ke-6 masih membahas lanjutan dari tugas paparan aspek teknologi. Sessi diawali dengan UTS yang hampir semua present kecuali 1 partisipan absent. Saya belum bisa mengulas hasil UTS disini, pertama karena memang belum sempat dibuka, kedua agar fair dengan partisipan yang belum mengikuti UTS.

Paparan dimulai oleh Rolty yang mengambil thema IPTV. Materi yang disampaikan mulai dari aspek teknis (karena dokumen presentasi belum saya terima, jadi lupa-lupa juga) terkait konfigurasi, head end, streaming, maupun konsepsi DigitalTV, WebTV, IPTV, dan InternetTV. Penyajian materi juga menampilkan pemanfaatan seperti Distance Learning. Audiens banyak yang menanyakan perbedaan dengan produk atau bisnis model yang lain khususnya proses streaming.

Paparan kedua disajikan oleh Ryan dengan judul GSM. Materi mencakup kanal phisik dan kanal logic, dan bahasan hopping (issue lain kita tunggu dari submit materinya). Mungkin karena teknologi ini sudah cukup familiar di telinga audiens, hanya ada satu pertanyaan saja yang terkait Duplex Distance 80 MHz.

Pantas menyajikan presentasi berikutnya dengan judul Listrik Nirkabel. Thema ini mungkin masih cukup relevan terkait dengan issue wireless di telekomunikasi yang masih ada kendala di sumber energi yang masih harus menggunakan kabel. Beberapa aspek teknis yang menggambarkan penggunaan gelombang mikro dan induksi langsung, termasuk istilah koersivitas dipaparkan oleh pembicara. Beberapa pertanyaan menunjukkan curiousity dari audiens khususnya yang terkait dengan implementasi dan aspek risiko.

Paparan keempat disajikan oleh Ferly dengan judul Konvergensi. Bayangan saya yang akan ditampilkan adalah konvergensi teknologi melalui IP misalnya, ternyata perkiraan awal saya meleset karena yang paparkan adalah konvergensi industri. Konvergensi yang menggabungkan beberapa industru khususnya di media dan internet dibahas diakhir sessi sehingga tidak banyak pertanyaan untuk mempercepat waktu pulang.

Sejauh ini sudah 9 pemapar menampilkan tugas presentasinya, namun saya baru melihat satu partisipan saja yang sudah mengirimkan file/dokumen nya untuk di share. Bagaimana dengan sessi minggu ini, masih ada sekira 4-5 partisipan yang belum menyajikan paparannya. Minggu depan kita akan bahas juga materi dari buku acuan Anabel Z, Dodd yang beberapa bab sudah di share di sini. Untuk persiapan yaa baca-baca saja bukunya.

No comments: