Saturday, March 14, 2009

14th of March 2009 Class at a Glance


Pertemuan ketujuh lagi-lagi one sided love eh talk affair, seperti yang diulas posting sebelum ini. Bahasan kuliah (dalam pengertian klise bla-bla monolog) seperti yang sudah direncanakan semula mengambil materi dari buku Anabel Z, Dodd. Bab-1 Konsep Dasar diulas cukup detil dengan cakupan terminologi, protocol, arsitektur, sinyal analog dan digital dan beberapa solusi untuk mengurangi kongesti.

Bab 2, 3 dan 5 yang disampaikan di klas, pada dasarnya mengacu pada result tugas dari klas tahun lalu dalam acara bedah buku Z. Dodd. Klas tahun ini, agar tidak overlap saya akan coba cari buku yang bisa di bedah. So prepare for that.

Kembali ke ulasan bab selanjutnya, pada bab 2 diulas mengenai Sistem Telepon dan Pengkabelan. Sebenarnya aspek ini sudah dibahas minggu sebelumnya khususnya untuk standard yang banyak dipergunakan di lingkup domestik, sementara referensi Dodd mengacu pada kondisi di US. Materi meliputi system telepon (PBX, Centrex, dan Key System), Penjualan Telepon dan Media. Kelompok pembedah bab 2 relatif tidak terlalu mengulas detil dari bahasan materi. Ada baiknya pemirsa membandingkan dengan narasi Z. Dodd di bukunya.

Bab 3 dibahas topik Network Service Provider & Local Competition yang mengulas faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan industri telekomunikasi, antara lain Globalisasi Ekonomi, Peraturan Pemerintah (khususnya aturan divestitur 1984 dan regulasi 1996 di AS), dan Perkembangan Teknologi (khususnya CaTV, FO, dan Wireless). Pada kompetisi lokal disebutkan strategi memasuki pasar panggilan lokal antara lain melalui Resale, CableTV, dan Wireless. Dijelaskan 3 jenis reseller antara lain Resseller, Switchless Reseller, dan Agents lebih spesifik. Terminologi dan penjelasan CLEC dan IEX termasuk case AT&T juga menjadi materi yang menutup bab ini.

Topik Public Network mengacu ke bab-5 nya Z. Dodd, pada dasarnya membahas perbedaan antara layanan terhubung dan layanan dedicated (jalur privat). Atribut layanan terhubung antara lain : Pengalamatan; Bayar sejauh anda pergi; Tarif pos; Sesuai tuntutan; Segera; Layanan Terhubung untuk Data; dan Penghubung rangkaian-ketidak efisienan jaringan; dipaparkan dalam bahasan tersebut. Sementara untuk atribut layanan Dedicated : Biaya bulanan tetap; Rute tetap; Penggunaan eksklusif; Ketersediaan 24jam sehari; Suara,video dan data; serta Kapasitas tetap. Bahasan lain terkait dengan topologi jalur dedicated, meski konten pensinyalan (SS7) tidak diulas pada paparan ini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya materi paparan ini dicuplik dari materi yang menjadi tugas bedah buku. Untuk menghindari blank spot atau cakupan yang tidak tercover, sebaiknya pemirsa membaca langsung pada buku referensi. Kalau tidak, maka levelnya cuman sekedar mengacu ringkasan orang, masih dibawah ”minjem buku di perpustakaan” (dengan asumsi dibaca).

No comments: