Friday, March 13, 2009

7th of March 2009 Class at a Glance

Pertemuan keenam nampaknya rada membosankan, mungkin karena materi yang harus disampaikan cukup banyak. Ada dua file yang dipaparkan, namun pemirsa tidak punya bahan yang disiapkan untuk dibahas atau didiskusikan. Salah saya juga mustinya materi ini bisa disampaikan pra offline class. Cuman ternyata gak mudah juga buat konsisten seperti itu, moga-moga ada improvement ke depannya.

Untuk sessi depan, saya rencanakan membahas materi dari bukunya Annabel Z Dodd. Buku sudah ada di perpustakaan institute, sudah di terjemahkan pula, tinggal baca dan persiapkan untuk dibahas Sabtu besok.

Tapi kembali ke posting Class at a Glance minggu lalu, sessi 3 Maret 2009 dibahas materi dari salah satu korporasi di industri telekomunikasi Indonesia yang sebenarnya mengulas lanjutan dari minggu sebelumnya. Materi terkait dengan konten “Jaringan Lokal Akses Tembaga”. Materi ini tambahan dari materi perkuliahan tahun lalu, yang mencoba menggambarkan kondisi riil jaringan lokal berbasis kabel telepon di Indonesia. Struktur dari mulai sentral, MDF, RK, DP sampai ke CPE diuraikan satu persatu untuk paling tidak mengingatkan model wireline yang sepertinya sudah digantikan dengan basis radio atau wireless.

Materi kedua terkait dengan materi tahun lalu dari bukunya Khalil yang saya cuplik dari bab yang berkorelasi dengan industri telematika. Paparan cukup panjang dan bisa dielaborasi sendiri.

Saya masih belum memutuskan untuk penilaian tengah semester, melalui ujian atau tugas. Tapi sebaiknya siap-siap saja, kalau-kalau sessi besok ada kejutan untuk nilai UTS.

No comments: