Friday, March 27, 2009

21st of March 2009 Class at a Glance


Saya pikir Class at a Glance minggu lalu sudah di submit, eeh ternyata belum, padahal filenya sudah disiapkan dari minggu lalu, hanya gara-gara jarang nengokin Klasmaya. Mungkin kalau sudah pensiun dari kerjaan kantoran, Klasmaya bisa diupdate harian, ahh ngelamun. Kalau yang lain bisa update FaceBook per hari bahkan lima kali lebih, bak sholat lima waktu saja, mungkin kalau pengaturan waktunya bisa lebih dikelola lebih efektif, Klasmaya juga bisa diupdate lebih sering, dari pada sekedar “Class at a Glance”.

Okay … minggu lalu praktis kita sudah bahas sisa bagian dari A. Z. Dodd yaitu bab 6 sampai bab 10. Lagi-lagi materi diambil dari tugas tahun lalu, mungkin kedepan saya akan coba benahi daripada sekedar cuplikan. Bab 6 dibahas materi terkait “Layanan Jaringan Terspesialisasi”. Meski ada beberapa layanan yang termuat di buku, namun materi yang disampaikan lebih memfokuskan pada layanan ATM, SONET dan DSL termasuk salah satu keluarga DSL yang popular, ADSL. Ada yang tahu perbedaan A di ATM dengan A di ADSL?.

Bab selanjutnya dibahas materi dengan judul “MODEM dan Peralatan Akses” yang jelas-jelas sesuai judul membahas aspek terkait modulator demodulator dan beberapa DCE lainnya seperti NT1s; CSU / DSU; Modem PCMCIA, Modem kabel, dan Set-top boxes. Ada yang bisa kasih gambaran kalau buat IPTV pakai DCE kayak gimana?

Bab Internet dibahas dari mulai sejarah Internet, layanan Internet, WWW, HTML, Hosting, Privasi, sampai alamat internet. Cukup lugas, meski beberapa bagian hilang, seperti Intranet & Extranet, atau markup language lain, jadi sebaiknya pemirsa baca buku asli atau terjemahannya untuk lebih melengkapi cerita.

Bab-9 dibahas thema Konvergensi, kemampuan sebuah jaringan untuk memuat semua jenis lalu lintas seperti suara, data, dan video sebagai sebuah paket. Kemampuan jaringan ini didorong oleh : Advance Router, Digital Signal Processor, Optical & Programmed Switch, Compression & Protocol, DWDM.

Terakhir dari resume bedah buku A.Z.Dodd dibahas Layanan Wireless mulai dari teknologi analog AMPS sampai berbasis digital seperti D-AMPS, GSM, CDMA, PCS, SMR, dan CDPD (ada yang inget 3 akronim terakhir ?). Selain aspek teknologi, paparan ini juga menyebutkan aspek pasar seluler yang terkait dengan antara lain: Efforts to Improve Service; Health Concerns; Safety on the Road; Privacy and Advertising Instructions on Cellular E911; Called Party Pays; Limited Mobility Wireless for Local Telephone Service; Wireless Number Portability; dan Limitations of Circuit-Switched Cellular for Data. Konten lain terkait dengan wireless yang turut dipaparkan antara lain: spectrum allocation, 2G-3G Transition, Paging dan Satellite Service.

Jadi tuntas sudah seluruh bab dalam buku acuan resmi dipaparkan, namun bukan berarti materinya hanya yang ada di presentasi, tapi yang utama tetap di buku referensi.

Bagaimana dengan bedah buku tahun ini? Apakah lebih menarik dan berbobot? Kita tunggu saja ....

No comments: