Friday, March 06, 2009

3rd of March 2009 Class at a Glance

Pertemuan kelima yang diganti tanggal 3 Maret 2009 ini cukup mengecewakan. Assesment Analisa Industri dengan framework Porter yang seharusnya jadi pekerjaan rumah ternyata tidak ada satupun yang mengerjakan. Meski kuliah sudah di tunda 3 hari namun itupun tidak membantu menyelesaikan pekerjaan.

Bahasan kuliah mulai masuk sedikit ke aspek teknologi. Saya mengambil subjek “platform jaringan” sebagai materi pengenalan khususnya di bisnis telekomunikasi. Konten meliputi jaringan berbasis circuit switched dan packet switched, yang terkait dengan kebutuhan komunikasi informasi real time dan non real time.

Jaringan berbasis circuit switched diwakili oleh PSTN dan STBS. Issue yang dibahas antara lain struktur jaringan dan hirarki sentral, dan prinsip dasar mekanisme komunikasi, termasuk signalling. Sementara pada jaringan berbasis packet switched yang diwakili oleh jaringan IP melalui LAN, WAN, dan Global Internet, dibahas tahapan pengiriman informasi dan ulasan mengenai connection oriented berbasis jaringan IP. Seperti biasa, materi presentasi dapat diunduh di sini.

Kembali ke pekerjaan rumah yang ikut ter’delay, sisa waktu klas offline dipergunakan untuk menyelesaikan assessment analisa industri yang dipilih bisnis BWA (broadband wireless access). Analisa mengacu pada pertanyaan yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dan sudah disediakan di klasmaya juga. Forces tambahan (regulatory dan Technology) menjadi pekerjaan rumah lanjutan di Sabtu besok. Bagi yang kemarin berhalangan hadir, PR nya yaa semua forces yang ada. Jadi saya berharap tidak ada lagi excuse besok pagi.

1 comment:

Anonymous said...

Permisi pak..
Mohon maaf saya kurang sigap mencari informasi, salah satu nya tugas dari bapak, sehingga mengecewakan bapak kembali.
Saya baru buka kembali Blog bapak hari ini. Tapi tugas yg harus di kerjakan tidak tertera/tercantum di Blog. Mohon maaf pak, saya jadi bingung mulai dari mana. Kebetulan no teman2 hilang catatan nya. sehingga saya tidak bisa menghubungi mereka. saya coba update terus, mungkin ada informasi baru dari bapak.