Sunday, March 22, 2009

Task of the next bi-week (EL-102 28th March 2009)

Lagi-lagi tugas. Seperti biasa saya musti sharing file materi tugas, jauh-jauh hari sebelumnya biar gak ada alasan bahan baru diterima “ngedadak”. Tugas buat minggu depan dan minggu berikutnya adalah bedah buku dari eBook dengan judul “The great telecom meltdown” yang ditulis Goldstein, Fred R. Sekilas buku ini mirip dengan buku acuannya A. Z. Dodd dengan setting cerita US nya, meski tidak terlalu menyinggung aspek teknis dengan istilah dan gambaran konsepnya tapi lebih banyak cerita dari sisi bisnis dan sejarah. Saya jadi kepikiran buat bikin buku sejenis yang lebih berbau lokal, maunya sih.

Mungkin begitu konten nya lebih ke cerita jadi lebih sulit buat di rekap dibandingkan konten teknis. Tapi untuk lebih memudahkan pemirsa, rekap cukup dibuat dalam cuplikan bahasa aslinya. Saya juga biasanya hanya meng ‘copy-paste’ bagian yang jadi intisari bahasan bab, jadi tidak perlu tulis ulang. Sehingga materi presentasi hanya bagian-bagian penting dari buku yang bisa dipaparkan dalam presentasi.

Untuk lebih mengakrabkan klas dari kubu EL dan SK, saya coba pengelompokkan tim di campur dengan komposisi, moga-moga sudah seimbang, dan jumlah anggota tim yang berbasis simply jumlah halaman. Kalau toh ada usulan untuk pindah, sepanjang tidak terlalu merusak tatanan sebelumnya bisa dilakukan, asalkan disepakati supply dan demandnya. Pindah masih diperbolehkan asal sepakat, namun jumlah anggota tidak bisa berubah.

Karena file eBook nya cukup besar, dokumen saya bagi dua, dimana bagian 1 berisi bab-1 s/d bab-5 sedangkan bagian 2 berisi bab-6 s/d bab-10. Pengelompokkan dapat dilihat pada daftar berikut.

  • Ch-1 : Ma Bell and Her “Natural Monopoly,” 1876–1969 (Andi Ilham Syalaby; Indra Halim)

  • Ch-2 : The Rebirth of Competition (Grace Natalia; Satrio Yudhianto; Yoel A Sadriant)

  • Ch-3 : Divestiture: Equal Access and Chinese Walls (Sangap Y; Christian Pontoh; Nicky; Roni Malik; M. Ilham; Edfri;)

  • Ch-4 : The Internet Boom and the Limits to Growth (Yenny Kartika; Shannoto Soetedjo; Samuel E; Ari Gunawan; Ridwan Sukma P; Fernandes)

  • Ch-5 : The Deuteronomy Networks (Yonathan Nurliawan; Septian)

  • Ch-6 : Losing by Winning: Wireless License Auctions (Bachman Sabar Menanti, Andrew Oroh)

  • Ch-7 : Competitive Access Providers, the Costly Way to Local Competition (Laura Elizabeth; Denny; Asary Larigy; Rinaldy)

  • Ch-8 : DLECs and ELECs: An Exercise in Oversupply (Immanuel Chandra; Fadjar Winastiono)

  • Ch-9 : CLECs’ Winning Strategies Are Met by Rule Changes (Irma Apriyadi; Yohannes Suryanto; Junior Moningka; Pantun Simanjuntak; Ferdian Dumara)

  • Ch-10 : Focusing on the Bottom Line (Andi Asdiar; Dani Ahmad Ramadhan)

No comments: