Saturday, February 23, 2008

Task of this week (EL-102 Februari 2008)


Sebagai tugas minggu ini, seperti yang sudah disampaikan pada pertemuan terakhir, adalah menganalisa business model dari dua perusahaan, Akamai dan Inktomi. Tugas ini untuk lebih memahami model bisnis khususnya dalam kasus yang terkait dengan industri telematika.


Tugas berupa kajian perbandingan dari aspek bisnis (keuangan, pasar, pelanggan) termasuk aspek teknis (operasional). Selanjutnya dianalisa bagaimana prospek kedua bisnis yang memiliki tujuan yang sama tersebut. Buat satu pilihan manakah diantara dua perusahaan tersebut yang lebih mampu bertahan.

Tugas ini cukup di submit melalui email paling lambat tanggal 1 Maret 2008 termasuk pengumpulan tugas ”Indonesian Celuler Price War” yang seharusnya sudah bisa di submit minggu ini.

Selamat bekerja..

23th February 2008 Class at a Glance

Pertemuan minggu ke empat pagi tadi dibahas materi analisa industri dari model Five Forces Porter. Dari nama klas ”Industri Telematika” sangat relevan jika aspek analisa industri dibahas. Framework dan model ini yang bisa menjadi dasar kita untuk memahami landscape industri yang dikaji.

5 Forces nya Porter dibahas satu persatu melalui determinant atau faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pagi tadi kita juga sudah coba implementasikan model Porter tadi melalui mekanisme dan proses membangun analisa industri, mulai dari assessment determinant, rating dan scoring termasuk pengukuran impact dari masing-masing forces. Model Porter juga sedikit di ”enhace” dengan menambahkan aspek regulatory dan technology sebagai forces tambahan yang cukup dominan untuk industri telekomunikasi.

Hari ini Handout kedua sudah bisa di akses lebih cepat dari sebelumnya.

Selamat menyimak ulang....

Thursday, February 21, 2008

2, 9, and 16th of February 2008 Class at a Glance

Posting kali ini membahas tiga pertemuan lalu yang belum pernah diulas di Klasmaya. Meski perlu diingat-ingat lagi, namun yang jelas pertemuan minggu-minggu lalu sebenarnya lebih pada pembahasan awal dari industri telematika. Beberapa issue banyak dibahas di tiga pertemuan yang lalu sehingga dari rencana dua kali pertemuan baru dapat diselesaikan dalam minggu ke tiga.

Issue industri yang diinjau dari aspek regulasi, pasar, teknologi, produk dan jasa yang dibahas moga-moga dapat membuka wawasan pemirsa tentang lingkup bahasan EL-102. Materi dari bahasan lalu lebih banyak diambil dari berita-berita di media, kajian dan analisa maupun pengetahuan lapangan yang belum banyak mengambil dari teori text book. Namun dari tiga pertemuan tersebut termasuk materi diskusi, relatif sudah memberikan porsi hampir separuh dari cakupan perkuliahan. Materi dari text book dapat melengkapi dari aspek bahasan teori yang bisa langsung dibaca. Materi lain yang tidak kalah penting adalah media.

Perkembangan industri telematika yang sangat cepaat menuntut pemirsa / mahasiswa untuk banyak memperhatikan update issue dan berita di media. Text book seringkali terlambat untuk mengejar perkembangan teknologi dan industri yang terjadi. Aspek lain adalah persoalan regional, seringkali buku-buku acuan lebih melihat perkembangan di negara asal penulis yang belum tentu fit dengan kondisi regional dan negara kita.

Seperti janji saya materi presentasi akan saya share di klasmaya. Sampai tulisan ini dibuat saya masih mencari file hosting gratisan untuk menyimpan file yang cukup besar ini (saya juga coba me’reduce untuk menghemat akses). Biasanya file-file seperti ini di simpan di geocities, namun jatah yang saya dapat sudah mendekati full, sehingga saya harus cari altenatif hosting.

Kalau address ini (HandOut-1) bisa di download berarti persoalan hosting sudah solved, dan anda bisa simpan untuk dibaca.

Pertemuan besok, jangan lupa tugas analisa pricing di industri seluler yang semakin memanas, termasuk juga fixed wireless. Tugas bisa dikumpul dalam bentuk file transfer atau melalui email dengan subjek depan diberi imbuhan ”[EL-102]”. Moga-moga pertemuan besok kita bisa bahas 5 Force nya Porter lebih intens.

Tabik ...

Monday, February 18, 2008

Welcome aboard EL-102

Selamat datang ..... khususnya bagi pemirsa EL-102.

Seharusnya sebelum klas (tiap hari Sabtu jam 07:00 WIB) dimulai, posting ini sudah memberikan pendahuluan awal tentang bagaimana dan apa dari lingkup, rencana, dan segala tetek bengek Industri Telematika. Namun sayang, saya baru bisa submit setelah minggu ke-3 dari klas offline/tradisionil/face2face atau tepatnya klas riil, mohon maaf.

EL-102 relatif baru buat saya, seperti juga awal dari mata kuliah lain yang hampir relatif baru dalam artian bukan mata kuliah yang harus saya berikan berulang-ulang di setiap semester. Namun dari judul dan lingkupnya seharusnya bukan hal yang baru, khususnya dari sisi pengalaman kerja yang tidak jauh berbeda dari industri telematika/infocom.

Sesuatu yang baru, yang bisa saya ambil adalah rujukan text book dari institusi yang relatif memberikan masukan dan wawasan khususnya untuk bahan kuliah. Referensi yang diacu adalah :

  • Tarik M. Khalil, Management of Technology; Mc Graw Hill, 2000
  • Annabel Z. Dodd, The Essential Guide to Telecommunication (3rd Edition), Prentice-Hall, 2001

Beberapa referensi lain (produk lokal) belum saya pastikan jadi acuan, alasan utama hanya karena saya belum dapat bukunya. Tapi ada tambahan referensi yang menurut saya cukup relevan yaitu :

  • Porter, M.E., Competitive Strategy, The Free Press, New York, 1984

Dari informasi pemirsa, ketiga buku ini sudah tersedia di perpustakaan kampus, jadi minimal tidak ada alasan lagi buat pemirsa untuk berdalih belum baca.

Sisanya (bisa jadi 60%), referensi yang praktikal diberikan dari sumber-sumber luar, antara lain dokumen regulasi, best practice, berita dan artikel lepas, hasil kajian dan analisa atau report dari pelaku bisnis di industri telematika.

Jadi mulai sekarang, dicoba lebih concern dengan issue dan berita yang terkait dengan industri telematika. Kalau perlu, bisa diajukan sebagai bahan diskusi baik di klasmaya atau klas riil.

Selamat bergabung…