Monday, September 29, 2008

27th September 2008 Class at a Glance : Product Definition & QFD

Sessi pra long holiday dibahas materi dari bukunya Sheila Mello tentang market driven product definition dan bahasan Quality Function Deployment (QFD) dari Dieter dan artikel InformIT.

Bab-1 dari Buku Customer Centric Product Definition nya Mello mengulas proses pendefinisian produk yang harus dimulai sejak awal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Meski demikian produk juga harus membuat pelanggan delight (senang) dan kompetitif.

Bahasan juga mengulas case produk Ford yang cukup melegenda yaitu Edsel dan Mustang. Antara produk berbasis internal driven meski inovatif dibandingkan dengan kebutuhan pelanggan itu sendiri. Yang menarik pernyataan “The Company doesn’t always know best, and the Customer is not always right” mensiratkan perusahaan harus menyeimbangkan antara kebutuhan pelanggan dan inovasi perusahaan yang bisa bikin surprise pelanggan.

Serupa dengan Mello, Bab-2 Dieter membahas pula aspek problem definition dan identifikasinya melalui survey, wawancara, atau focuk group pelanggan. Mekanisme QFD diulas dengan contoh kasus pengembangan tempat CD. Step by step proses penyusunan QFD dibahas dalam sessi ini, meski dipastikan tulisan dalam gambar “rumah kualitas” nampaknya sulit untuk dibaca. Maksudnya mungkin agar partisipan mencari ari buku aslinya.


Penerapan QFD dengan sedikit improvisasi melalui Use Case dari artikel InformIT menambah wawasan terminologi QFD. Aspek ini mencoba menerjemahkan business driver ke kebutuhan teknis suatu produk. Business Driver melalui segmen pelanggan prioritas, mengarah pada penggunaan produk yang paling dominan, yang akhirnya menentukan spesifikasi suatu produk.

Untuk memperoleh materi presentasi, bisa langsung diunduh di link gambar sebelah ini.


Setengah jam sisa waktu klas, dibahas tugas untuk libur panjang dengan 2 alternatif tugas (perseorangan).
  1. Tugas ini terkait dengan konsep Web2.0 atau Social Network semacam Facebook, Hi5, Flickr, YouTube, Wikipedia dsb. Pilihan tugas ini membuat prototyping produk berbasis Web2.0 dalam bentuk simulasi, animasi atau situs itu sendiri. Akan lebih baik jika sebelum merancang ide dan usulan, melakukan riset, evaluasi, dan analisa tentang produk atau situs eksisting. Penilaian akan melihat seberapa menarik ide yang diusulkan dilihat dari perspektif pengguna internet. Meski bntuknya prototype atau simulasi, namun report dengan keterangan didalamnya harus juga disertakan sebagai bagian dari tugas.
  2. Alternatif kedua, melanjutkan atau menyempurkan, atau bisa juga merubah tugas sebelumnya tentang fitur baru yang bisa dipasang di handphone. Deliverable dalam bentuk fisik tapi dengan spesifikasi tertulis plus gambar dalam bentuk proposal.

Jadi buat yang kemarin mabal / bolos informasi ini sangat membantu untuk persiapan pertemuan berikutnya.

Selamat berkarya.

Saturday, September 27, 2008

20th September 2008 Class at a Glance : Discussion on Product for Home Broadband Environment.

.
Sessi minggu lalu kita lakukan 100% diskusi, gak ada text-book theory yang bertele-tele, gak ada PR yang harus di kumpulkan, atau daily quiz yang bisa ngabisin lembar notes buat catatan. Just Discussion, dan yang menyenangkan bahan sudah disubmit minggu sebelumnya sebagai quiz kelompok, jadi enteng banget ....Ups.. satu lagi, sessi kemaren cuman setengah jam pelajaran, what a ligth day...

Materi yang kita bahas adalah kira-kira produk inovatif apa yang bisa propose untuk dipergunakan di rumah dengan fasilitas akses broadband. Akses broadband ini bener-bener Broad, diperkirakan sampai 25 MBps sehingga streaming video sekelas DVD ga persoalan lagi, always on, flat price, sehingga tidak perlu harap-harap cemas lagi lihat kuota.

Grocery Online
Salah satu ide muncul dari kelompoknya Edbert, Pristia dan Naomi. Kelompok ini mengusulkan Grocery Online, keterangan dari Quiz yang disubmit sekedar menyebutkan belanja lewat internet yang dideliver langsung ke rumah, tapi begitu di bahas dalam diskusi keluar produknya berupa kulkas yang terhubung internet. Model bisnis, feature, case penggunaan dibahas dalam diskusi yang sepertinya menarik juga. Misalnya pengguna berlangganan dengan beberapa toko yang menyediakan database produk retail yang dijualnya, sampai pemanfaatan RFID untuk scanning barang kadaluarsa. Ada banyak scenario, kemungkinan, dan imajinasi untuk penggunaan produk ini. Satu hal yang saya lupa bahas adalah model bisnis yang bisa meniru iPod untuk konten, coba ingatkan saya di sessi offline besok.

Saya coba browse di internet apa ada produk yang serupa dengan yang diusulkan, seingat saya memang pernah ada gambaran seperti itu. Gambar dibawah ini produk dari Samsung, yang kalau dari gambarnya rada sesuai dengan gambaran yang didiskusikan, tapi coba lihat deskripsinya, lebih imajinatif mana dengan diskusi kita kemarin.


Hard to say whether this is more of a kitchen advance or a home entertainment innovation. The Multimedia Refrigerator lets you watch TV, listen to music or surf the internet with, yes, your fridge. Along with the built-in MP3 player, camera and microphone, it does a bang-up job of storing food with its fully electronic temperature control system and chilled water and ice dispenser. It also reports minor faults on-screen and has a contents page for entering and monitoring food content and expiration dates.

This is Samsung’s latest
hi-tech refrigerator model pimping the built-in ‘ICE Pad’ tablet PC for your computing pleasure. The detachable tablet, with 10.4-inch TFT touchscreen display, features food management software, a calendar, scheduler, and memo board making it easy for you to organize your kitchen life. The tablet runs Microsoft Windows CE.net 4.2 and also has Digital Wireless TV/Radio.

Transaksi internet dari kartu kredit
Kelompok kedua dari tim Sydney, Haryanto, Nurlela & Mahardiawan mengusulkan pemanfaatan kartu kredit untuk transaksi berbasis akses internet, mulai dari pembayaran billing utility seperti telepon, PDAM, Listrik, dll. Ide ini mungkin sedikit meleset dari pertanyaan dalam quiz, karena meski ini juga produk dalam hal service, namun konsep dan proses sudah exist, disamping itu issue “broad”band access jadi kurang bunyi.

Multifunction Video Conference
Kelompok ketiga dengan peserta Dikdik, Andi, Diah & David mengusulkan produk dengan judul video electronic for multifunction conference. Judulnya sepertinya keren tapi sebenernya apa maksudnya ? apa itu multifunction conference?. Tim penggagas menyebutkan fitur e-learning, medicine, meeting, shopping dan ... yang saya artikan dll. Dari diskusi dengan penggagas, ternyata boleh jadi produknya mirip produk IPTV.Bahasan diskusi menjelaskan perbedaan TV, CableTV, dan IPTV terkait dengan konten dan advertising.

Produk IPTV sebenarnya memang menjadi primadona untuk lingkungan dengan akses internet dengan pita sangat lebar. Dengan basis komputer, sebuah layar lebar bisa menjadi media interface untuk kepentingan apapun di rumah. Kalau kita berimajinasi, mungkin ada banyak pilihan dari produk ini, karena fisik produk yang disediakan sebenarnya kotak hitam sebagai prosesornya dan layar lebar plus camera sebagai media input/output. Namun aplikasi / program bisa beragam dan tergantung seberapa inovatif kita berkhayal dengan keperluan dari yang akan dikembangkan. Gambar dibawah ini contoh IPTV dari berita yang dicuplik pada pertengahan Oktober 2007, jadi ada kemungkinan sudah di deploy. Isunya perangkat tersebut terhubung dengan PS3, kayaknya kemaren luput dari materi diskusi kita.


Korea Telecom will next month connect its IPTV service that will feed shows to Sony’s PlayStation 3 games console. Tony Smith of Reg Hardware reports, “Mega TV launched in June - the same month the PS3 officially went on sale in Korea - this year as a HD-capable revamp of KT’s earlier, standard-definition only Megapass internet TV offering. Last month, KT rolled the service out to all of its broadband customers - 5.5m of them - having previously offered the service only to those in Seoul.
Not all of these subscribers also pay for Mega TV - last month, KT said it hopes to grow the IPTV service’s subscriber base to 300,000 users by the end of the year, and the deal with Sony should go some way to helping it achieve that target.
Neither Sony nor KT said how much PS3 owners will have to pay for Mega TV. However, it’s believed the player software will be made available through a download direct to the games console… er… set-top box.”




Online Shopping System
Online Shopping System diusulkan kelompok keempat (Afit, Edi, Yudha, Yudhi). Layanan ini sebenarnya secara konsep sudah dibahas di produk sebelumnya, mulai dari kulkas untuk shopping, dan juga kartu kredit meski jawaban quiz menyebutkan juga pembayaran digital yang belum ditanyakan dalam diskusi.


Home Controlling
Gagasan Home Controlling disampaikan oleh kelompok terakhir yang dibidani oleh Pace, Evi, Sabam dan Yusuf. Ide ini memang terkait dengan “always on” nya internet access, meski dalam aksesnya menggunakan handphone, tapi jelas terminal di rumah terhubung dengan akses rumah yang musti konek selalu. Ada banyak perpheral, peralatan rumah yang bisa disambungkan dengan prosesor rumah dan selanjutnya dikontrol remotely dari luar. Mulai dari perangkat di dapur coba cari aja future kitchen di google, di kamar mandi yang diskusi minggu lalu di sentil sci-fic filmnya Bruce Willis (ada yang bisa komentar judulnya?), jadi sambil buang air dapet informasi tentang kondisi kesehatan melalui check urine, datanya pun bisa disimpan harian ke database kesehatan untuk di monitor lembaga kesehatan yang mengelolanya, atau di alaman dengan web cam nya buat security, dan masih banyak lainnya. Saya coba imbuhkan gambar monitor rumah, tapi yang ini melalui TV/Internet, buat perbandingan.


Home automation though the TVHAI Home Control for Windows Media Center. "HAI OmniPro home control via Windows Media Center Edition: lighting control, security, temperature control, macros, event log, and more."







Catatan : Nama kelompok sudah dilakukan reset oleh redaksi

Ups panjang juga posting klasmaya yang ini, yaa itung-itung kompensasi setengah hari kuliah. Minggu depan, ada yang mau setengah hari lagi? Silakan komentar. Atau jangan-jangan ada ide untuk kuliah online saja ...

Wednesday, September 17, 2008

Artikel NPD nya Google



Minggu lalu, selain sedikit diulas case Samsung, sempat juga dibahas environment Google dalam Pengembangan Produk Baru. Meski ceritanya sudah 3 tahun silam namun cerita mbak Marissa menarik juga buat disimak semenarik orangnya.

Artikelnya (ringkasan dari artikel asli) pernah dimuat di Klasmaya sessi 2006, jadi bagi yang berminat bisa langsung akses ke posting dengan judul “The Beauty of Simplicity” sekitar Oktober 2006 lalu. So check it out

Monday, September 15, 2008

13th September 2008 Class at a Glance : New Product Development & Design Process

.
Klas minggu ketiga pada dasarnya melanjutkan materi bahasan minggu sebelumnya yang dominan mengacu ke bukunya Dieter bab-1. Aspek NPD yang lebih banyak terkait dengan proses dibahas disini. Seperti pada umumnya proses bisnis lainnya, proses ini juga meliputi tahapan-tahapan yang “secara umum” ada di pengelolaan NPD. Secara umum disini artinya, proses yang disampaikan relative praktikal di industri meski bukan berarti urutan proses tersebut mutlak persis seperti itu. Dalam pembahasan juga disampaikan bahwa beberapa perusahaan melakukan parallel proses, penggabungan atau penghilangan proses seandainya diperlukan.



Sessi kedua membahas aspek disain proses lebih detil. Mulai dari definisi, morphology, dan methode yang boleh dibilang cenderung lebih teoritis mengacu ke text book. Untuk menyeimbangkan wawasan NPD terkait dengan industry best practice, saya lampirkan artikel dari Business Week dengan judul “Camp Samsung” yang dibahas di klas minggu lalu melengkapi artikel sebelumnya.

Biar nggak jenuh dengan pendekatan teoritis, minggu lalu disimulasikan juga tahapan idea generation untuk usulan produk di terkait dengan fasilitas akses broadband di rumah. Beberapa usulan sudah disampaikan, mungkin lebih bagus kalau dibahas minggu depan. Sembari menunggu itu boleh lah baca-baca handout minggu lalu plus tambahan artikel dari Samsung. Kalaupun ada homework, saya akan sampaikan di klamasya minggu ini.

Thursday, September 11, 2008

Great Expectation

.
Saya coba meng’kompulir daftar harapan partisipan dari klas Pengembangan Produk Digital & Telematika (PPD&T ) yang dikolek di hari pertama. Ada beberapa poin yang boleh jadi berbeda antara harapan dengan deliverable klas ini, entah karena salah sasaran atau mencoba mengira-ngira atau sekedar menerjemahkan secara bebas dari judul mata kuliah ini.

Overall, dominant expectation sudah menuju ke arah yang benar. Dua kelompok besar memberikan pengertian yang cukup berbeda, antara memiliki pengetahuan tentang “pengembangan” produk dan “perkembangan” produk. Kira-kira mana yang lebih tepat?
  • (13) Mengetahui / mampu membuat / mendesain / merancang, mengembangkan, berperan aktif, mengolah, menjual, dan bersaing dalam memproduksi produk digital & telematika dari aspek proses / metode, dengan tujuan bisa lebih kreatif dalam berinovasi / mencipta dan sebagai pegangan sebelum kerja.
  • (11) Mengetahui bagaimana produk digital & telematika berkembang, seberapa jauh berkembang, apa saja yang sangat bermanfaat, dan dipakai di dunia kerja, untuk menganalisa jenis-jenis produk, mengembangkan wawasan.
  • (4) Memenuhi kewajiban kelulusan
  • (2) Mendapat nilai A
  • (2) Membantu tugas akhir, bahan penelitian industri telematika
  • (2) Mengetahaui seberapa besar kesempatan untuk kerja di bidang produk digital & telematika, mampu melihat peluang bisnis di telematika
  • (2) Mendapat sesuatu di luar dari yang diharapkan (?) bikin hidup lebih hidup
  • (1) Memaksimalkan kegunaan teknologi yang sudah ada sesusai keperluan dan memperbaharui sesuai perkembangan teknologi.

Monday, September 08, 2008

Layar Tancep Sejarah YouTube

Seperti yang sebelumnya pernah dijanjikan, berikut ini klasmaya menyajikan clip video yang pernah jadi konten layer tancap di klas hari pertama.



Kalau rada susah ngedenger ceritanya, boleh diputar berulang-ulang sampai “Ngngeuh (Sundanese) atau Dhong (Jogjanese)”. Tapi kalau pun masih gak jelas juga, karena mungkin sambungan langsung internasional ;-), berikut dicuplik beberapa key statement yang cukup menggambarkan ceritanya.

  • Feb 15 2005 : registered domain youtube.com, user can upload and shares video
  • April 23 2005 : the first upload video. 30.000 viewer/day promote by iPod Nano to get notice by venture capital
  • Program on television can be viewed from youtube, and people prefer to watch on youtube than on television.
  • YoutTube received 3.5 million US on funding from Sequoia Capital on November 2005. 200.000 register user and showing over 2 millions videos per day.
  • Dec 15 2005 : YouTube has staff 20, at that time it has serving more than 3 millions videos per day and adding 8 terra bytes of data since open to public May 2005.
  • Jan 2006 YouTube user watching 25 millions video per day. On March 2006 total clips available reach 25 millions, user uploading 20.000 new video per day.
  • April, bandwidth cost 1 million per month youtube gain additional 8 million funding from Sequoia Capital.
  • May Youtube surpass the CNN.com 42% market share video on internet.
  • July 13 Youtube announce that user currently viewing 100 million videos per day with over 30 member staff with over 50.000 uploaded new video per day.
  • Oct 2006 announce that YouTube being purchased by Google 1.6 billion US (16 Trilyun) , the biggest purchase Google have ever been made. The deal finalise at Nov 13.
  • Time magazine: Best Invention 2006 (invention of the year 2006).
  • 2007 YouTube has become more popular than ever, legal problem Viacom sue google 1 billion $ for copyright onYouTube.
  • YouTube 4th dotcom most visited in the world after Yahoo, MSN, and Google.YouTube is about people. Google was not investing 1.6 billion on technology of YouTube, but the user from around the world that shares video. Google wasn't buy a company it was buying a community, potentially milions of the new users.

6th September 2008 Class at a Glance : Telematics & Product Life Cycle

.
Sessi di awal September mulai dibahas materi inti dari kisi-kisi yang disampaikan pertemuan sebelumnya. Sessi ini dibahas pengertian dari terminologi telematika dan aspek utama dari Product Life Cycle (PLC). Sebagai bagian dari pengelolaan produk, Pengembangan Produk harus pula melihat secara luas tahapan siklus poduk tersebut. Ada dua kuis yang dilaksanakan pada sessi kali ini, yaitu yang terkait dengan contoh evolusi produk mengacu pada PLC, dan kuis kedua terkait dengan korelasi PLC dengan strategi pemasaran.



Seperti biasa, klasmaya sebagai satu-satunya media untuk sharing resources, telah menyediakan handout sessi lalu yang bisa langsung didownload.


Untuk sessi berikutnya saya submit artikel dengan judul “How to Design the Perfect Product” yang saya ambil dari situs majalah fastcompany . Artikel silakan dibaca (bukan cuman di download) untuk kita bahas bersama sessi depan. Selamat (gemar) membaca.

Thursday, September 04, 2008

30th August 2008 Class at a Glance : Introduction

Klas hari pertama. Seperti biasa gak jauh dari perkenalan, meskipun bukan berarti gak ada materi perkuliahan. Sessi hari itu lebih banyak melihat kelas secara besar (a big picture), sehingga partisipan yang salah ambil mata kuliah atau punya ekspektasi yang berbeda bisa buru-buru mengkoreksi sama BAAK. Tapi moga-moga even yang punya harapan sedikit meleset pun, setelah klas minggu lalu, gak rame-rame batalin kuliah.

Issue yang muncul di klas kemaren yang bakalan (moga-moga) dibahas detil, antara lain:
- Produk vs Service
- Terminologi
- Business Model
- Product Life Cycle
- Marketing Stuff
- Product Development Strategic Orientation & Process

Sekilas, sessi lalu lumayan lancar, dinamis, dengan diskusi yang cukup berisi. Sebelum klas berakhir, seperti yang dijanjikan diawal pertemuan, ada pemutaran film tentang sejarah YouTube. Saya mau taruh di sini tapi karena saat ini saya akses dari kantor, saya gak bisa nyaman akses karena di blok. Moga-moga kalau bisa akses, clip bisa muncul disini. Seperti biasa klasmaya menyediakan handsout minggu lalu yang bisa langsung diunduh disini.



Klas besok, kalian siapin saja materi sesuai jadwal.

Tuesday, September 02, 2008

Selamat Datang Partisipan Baru

Anggap saja posting ini sebagai pembuka dari perkuliahan di Semester Genap 2008 untuk Pengembangan Produk Digital dan Telematika. Cuman maaf sampai hari ini saya belum bisa submit handout sessi minggu lalu, moga-moga minggu ini bisa selesai di submit.

Selamat bergabung untuk partisipan baru, semoga session ini bisa lebih semarak, gayeng, dan bermakna melalui kontribusi interaktif antara pengelola klasmaya dan anda sebagai partisipan sudah tentu.

Ciao