Tuesday, November 24, 2009

14th November 2009 Class at a Glance : Business Case Financial Metrics

Sessi klas sedianya direncanakan memaparkan tugas Simulasi IPTV, namun karena disadari kuliah tinggal beberapa kali lagi (saya perlu klarifikasi ke BAAK), saya mengambil waktu 1 jam untuk pembahasan pengukuran finansial untuk business case.
Materi ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengembangan produk, khususnya pengambilan keputusan produk yang akan di launching. Referensi formal dari institusi, khususnya buku Dietere juga memuat materi ini dalam salah satu bab.

Lebih detil saya lampirkan pula sebagian materi Dieter bab 13 yang mengulas aspek ini:


Topik kali ini mencakup perhitungan, kalkulasi dan analisis business case yang meliputi NCF; CCF, Payback, BEP, ROI, NPV, IRR (akronim ini seharusnya bukan hal yang asing lagi sekarang). Analisa biaya dan keuntungan mencakup aspek “time value of money” dari discount rate yang ditetapkan dengan mengacu pada rate yang umum dipakai.

Selain perhitungan dalam spreadsheet, disampaikan pula perhitungan manualnya, jadi kalau-kalau muncul di UAS yang biasanya gak boleh pake laptop masih bisa dihitung.

Sessi berikutnya di isi dengan paparan tugas Simulasi IPTV oleh beberapa tim. Masih ada beberapa tim yang mis-komunikasi dengan tugas yang diberikan, meski ada beberapa yang sudah sesuai. Catatan saya mengenai resume tugas ini mungkin akan disampaikan saja dalam posting khusus.

Friday, November 13, 2009

Layar Tancep of this month: The Importance of Listening to the Consumer

Di beberapa posting sebelumnya (bisa di browse di klasmaya), ada segmen layer tancep yang merupakan cuplikan video sharing yang cukup relevan dengan materi NPD. Kali ini setelah absent beberapa bulan, saya coba “embedded” kan klip dari brightcove.com dari kasus Procter and Gamble terkait dengan pentingnya mendengarkan suara pelanggan.

7th November 2009 Class at a Glance : Managing a Dispersed Process (Quiz and Class)

Dua minggu sebelumnya, materi pembahasan sudah di share di posting "Baca eBook sebelum kuliah besok". Seperti yang sudah di issue kan sebelumnya, bahasan tersebut menjadi materi yang diawali dengan quiz. Mungkin ini semacam experiment sejauh mana partisipan bisa menggali materi dari text book. Jika hasilnya memuaskan mungkin klas cukup mengulas materi (raw material) untuk dibahas dan di test dalam bentuk Quiz, jadi tida perlu di paparkan di klas.

Topik yang dibahas meliputi Tradeoffs dalam pengembangan produk, End to End Product Development framework yang diambil dari model Xerox, Kano Model, The Mind of the Market, dan Benefit Chains.

31st of October 2009 Class at a Glance : Presentation of Product Comparison.

Punten posting CaaG akhir Oktober lalu, nampaknya baru bisa keluar hari ini. Tapi seperti yang kalian ketahui, klas di hari tersebut menjadi The Presentation Day. Saya masih belum semat mengulas paparan yang disampaikan, mungkin posting kali ini sebatas preambule untuk di tambahkan pada kesempatan mendatang.

Jadi untuk sementara mohon bersabar...