Sunday, May 29, 2011

MobileApp for Business

Perkembangan penetrasi hape khususnya smartphone mendorong tumbuhnya applikasi berbasis mobile.

MobileApp yang ini banya tersedia mulai dari iPhone market App,Blackberry Application World, dan membludaknya aplikasi di Android Market, menambah penggunaan smartphone tidak hanya sekedar komunikasi berbasis suara namun sudah meluas ke komunikasi data, data apapun.

Media sosial menjadi salah satu penggerak pertumbuhan mobileApp disamping OpenSystem semacam Android.

Pertumbuhan ini mulai dirasa manfaatnya untuk kepentingan bisnis.

Artikel ini (sepertinya) menampilkan beberapa informasi terkait diatas.Mobile Apps in the Enterprise Are the Future - Zendesk
Published with Blogger-droid v1.6.8

Thursday, May 26, 2011

Selamat ulang tahun The Tube of You

Beritanya menyebutkan setiap menitnya 48 jam video di upload.Dalamm satu hari sekira lebih dari 3 milyard video dinikmati penguunjung nya.
Lebih lengkap amati link berikuu iniYouTube Blog: Thanks,ooo YouTube community, for two BIG gifts on our sixth birthday!
Published with Blogger-droid v1.6.8

Friday, May 20, 2011

Evolusi Multiply

Link artikel dr situs the marketter mengulas evolusi atau mungkin transformasi menjadi social commerce.

Agar dapat lebih berkembang, atau bahkan bertahan, perusahan terkadang merubah portfolio bisnisnya. Perubahan bisnis tersebut memaksa perusahaan bertransformasi, dari mulai organisasi, bisnis proses, sampai budaya perusahaan.
Mengapa multiply berubah? bisa menjadi diskusi yang menarik. Sebelum diskusi bisa dimulai dengan artikel ini.Evolusi Multiply Menjadi Social Commerce | New Wave Marketing - Marketeers
Published with Blogger-droid v1.6.8

Netflix to bandwith

Netflix, the largest single consumer of bandwidth on the internet in North America.

Currently, Real-Time Entertainment applications consume 49.2% of peak aggregate traffic, up from 29.5% in 2009 – a 60% increase.

It also reports on net traffic from other regions, noting social networking outpaces YouTube traffic in Latin America, while European subscribers use twice as much data as North Americans.
Study finds Netflix is the largest source of internet traffic in North America -- Engadget
Published with Blogger-droid v1.6.8

Sunday, May 08, 2011

First Spam

VIVAnews
Published with Blogger-droid v1.6.8

Overall Review of 2011 EL-102 Season’s Class


Surprisingly, I just realized that we have ended this season. Bener-bener ga kerasa, ternyata waktu telah mendekati akhir dari semester ini. Kaget juga karena sebenarnya masih ada beberapa materi tambahan yang belum disampaikan padahal cukup bagus untuk bahasan industry telematika.

Mungkin karena beberapa kali kita kehikangan klas karena pergantian jadwal (ini bisa dikategorikan switching cost) dan ada beberapa pergantian sessi yang kelewat atau bentrok dengan kuliah lain atau mungkin pula bentrok dengan acara lain bahkan bentrok dengan “hoream” (mohon yang belum memahani istilah ini bisa di cari di Wikipedia sunda).

Issue lain seperti Long Tail, Digital & Future Lifestyle, serta rencana pembahasan Bussiness Model sebagai materi baru tahun ini ternyata meleset.

Selain itu tugas analisa industry untuk search engine, web browser, game console, atau social networking belum terealisir untuk disampaikan.

Dari sisi media Klasmaya, tidak banyak pemirsa yang berkontribusi aktif dalam diskusi melalui komentar. Specific blog sebagai media kontribusi dalam menyampaikan issue-issue dalam industry telematika juga akhirnya tidak terealisir. Dari hitung-hitungan kinerja, terjadi penurunan kuantitas materi dibanding season sebelumnya, mudah-mudahan tidak berpengaruh terhadap kualitas dari materi yang telah disampaikan.

Masih dari Klasmaya, jumlah posting relative masih dibawah tahun sebelumnya (lihat grafik dibawah), data ini memperkuat penurunan performansi di tahun ini.

Namun demikian, materi yang telah disampaikan, sudah memenuhi minimal bahasan yang menjadi materi ujian akhir minggu ini. Hasil UAS ? saya belum ambil, seharusnya tidak banyak yang terkejut karena beberapa soal pernah dibahas sebelumnya. Mudah-mudahan hasilnya tidak mengecewakan.

Tabik

Evolusi Ponsel.

Artikel dibawah ini mengulas evolusi ponsel, sejak perang dunia sampai saat ini,melalui gambar dan catatan kecil.

Seingat saya, pertama kali berhubungan dengan ponsel adalah versi StarTAC dari Motorolla, yang dilanjut dengan Nokia seri candy button.

VIVAnews
Published with Blogger-droid v1.6.8

Still Growth in Indonesian celuller industry Q1-2011

Issue pertumbuhan dirasa masih optimist di segmen GSM yang didominasi industri seluler. Tapi bagaimana dengan fixed wireless?, meski nampaknya regulasi yang cenderung mulai tidak membedakan seluler dan fwa membawa dampak membaurnya kedua industri tersebut.

Regulasi masih menjadi key driver dari pergerakan di industri ini.

Two digit growth, bisa bertahan sampai kapan?

VIVAnews
Published with Blogger-droid v1.6.8

Sunday, May 01, 2011

30th April 2011 Class at a Glance: Valuation Model


CaaG sessi ini membahas model valuasi bisnis internet khususnya jejaring sosial, mengacu pada artikel oleh Michael Arrington yang ditulis di techcrunch.com dan beberapa artikel di situs lain yang terkait. Artkel utama sebagai rujukan bahasan telah disampaikan di posting sebelumnya.

Seperti biasa bahasan dengan materi rujukan yang disampaikan sebelumnya, diberikan quiz Pre-Class. Dari pandangan sekilas, beberapa sudah menjawab dengan sesuai meski masih secara umum, namun banyak pula yang menyampaikan dengan terlalu melebar, tidak sesuai dengan bahasan dalam artikel tersebut.

Bahasan model valuasi dimulai dengan beberapa berita tentang transaksi penjualan beberapa perusahaan di sekitar tahun 2005 sampai akhir 2007, antara lain LinkedIn, Bebo, khususnya MySpace dan Facebook yang diulas lebih detil. Aspek beriklan di internet menjadi issue utama sasaran corporate action tersebut.

Selanjutnya mengacu pada data Comscore diulas data unique visitor untuk situs berbasis social network tersebut. Bahasan ini pada dasarnya mencoba mengevaluasi nilai perusahaan dari data pengunjung dengan nilai spending market membelanjakan iklannya di internet.Dari evaluasi tersebut diperoleh point value untuk membandingkan stu situs dengan situs lain dikaitkan dengan valuasi dari transaksi pembelian yang telah terjadi.

Sebagai lanjutan dari bahasan model valuasi internet business, specially social networking, berikut disampaikan data yang bisa dijadikan latihan perhitungan, sebagai berikut :

Dari angka traffik dibawah ini, hitung total value point dari ketiga situs jejaring sosial.

Jika Tabok.com dibeli 20% saham oleh investor sebesar 500 juta, berapa perkiraan nilai (valuasi) dari kedua situs lainnya.

Ga seru kalau latihan hitungan nggak dicek, jadi sebaiknya hasil perhitungan bisa disampaikan melalui email (alias jadi PR).

Kalau Michael Arrington menggunakan data Unique Visitor, kira-kira ada masukan parameter lain yang lebih cocok ? Coba saja diusulkan lewat komentar disini.