Monday, January 31, 2011

Sharing eBook: Vanston

Posting CaaG kemarin nampaknya tertinggal materi handout yang seharusnya sudah bisa kalian unduh disini, namun karena saya baru pindah rumah dan belum terpasang Speedy, FlexiNet saya masih cukup lemot untuk meng’unggah file yang sebenarnya hanya 586 KB.

Tadi siang, seharian, saya ternyata ga sempat memproses nya di kantor, karena beberapa rapat yang me’lena kan urusan selain kerja.

Posting kali ini saya coba share saja satu eBook dari Lawrence K. Vanston, Ph.D. dengan judul “A New Telecommunications World”, sebagai pengganti text book dan persiapan materi selanjutnya. Moga-moga link address nya masih valid.

Selamat membaca

Sunday, January 30, 2011

29th of January Class at a Glance: Introduction

Sessi minggu ini merupakan sessi perdana dari season EL-102 tahun 2011. Sebagai sessi awal, dibahas materi pendahuluan yang mengulas perkenalan, text book yang disarankan, dan media klasmaya yang diposisikan menjadi media alternative untuk klas. Selain itu disampaikan juga aspek lingkup yang membahas segmen industri mulai dari Fixed Wireline Access, Cellular, dan Fixed Wireless Access; Pay TV; Internet / Broadband Access; ASP (Cloud Computing); Content Provider; dll. Contoh beberapa pemain di industri telematika juga dipaparkan untuk lebih memahami lingkup industry. Sayang slide “player” ini belum diupdate sejak dua tahun lalu, padahal saat ini mungkin ada beberapa perusahaan yang bisa dikategorikan sebagai pemain baru di industry telematika.

Issue-issue seputar terminologi dan case sedikit dibahas untuk membuka pandangan dan wawasan seputar industri telematika / Infocomm / ICT. Beberapa bahasan menjadi materi PR saat belum terjawab dalam pembahasan dan diskusi di klas.

Sessi Pendahuluan membahas juga perkenalan awal dari 5 Forces Porter dan Analisa Portfolio sebagai tools untuk memahami industri dan wawasan strategi bisnis. Selain itu aspek lain yang terkait seperti populasi, ICT demand, serta pertumbuhan pasar diulas sebagai awal perkenalan terhadap market di industry telematika. Lagi-lagi persoalan update menjadi sedikit ganjalan dalam presentasi, namun hikmahnya persoalan ini bisa menjadi ide untuk menjadikannya sebagai PeeR di minggu depan.

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, materi presentasi bisa diunduh disini.

Sebagai PeeR minggu depan, seperti yang sudah disampaikan pada pertemuan lalu dan sedikit di sentil disini adalah sebagai berikut:

1. ASP => Cloud Computing, jadi PeeR yang di anulir karena terjawab di menit-menit akhir sessi kuliah kemarin
2. Sebutkan Limited Resource yang menjadi issue khas perusahaan telekomunikasi.
3. Update Pelanggan Internet di Indonesia yang kalian bisa dapatkan di situs APJII atau media berita.
4. Tambahan yang belum di bahas di klas kemarin, Update slide “Player” yang kalian bisa bebas tambahkan dalam bentuk kumpulan logo perusahaan yang menurut kalian bermain di industry telematika.

Welcome Aboard EL-102@2011 participants

Selamat bergabung di Klasmaya, satu-satunya situs resmi yang menjadi media (niatnya) kolaborasi, untuk para pemirsa EL-102 semester genap tahun 2011.

Sebagai pendatang baru, yang perlu kalian siapkan adalah :
1. Menempatkan situs ini dalam menĂº favorite browser anda, minimal di semester ini, atau
2. Tempatkan link alamat ini di jurnal blog / facebook kalian agar mudah dan terjangkau untuk monitoring, terakhir
3. Jadikan kebiasaan untuk menengok blog ini untuk persiapan kuliah atau update informasi terkait materi perkuliahan.

Agar niat kolaborasi media ini bisa efektif, diharapkan peran serta dan kontribusi di media ini dari pemirsa melalui komentar. Untuk peran dan kontribusi lebih dari sekedar komentar, dapat disalurkan pada blog lain yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Sekali lagi selamat bergabung dan berkontribusi.