Thursday, December 24, 2009

UAS Remedy NPD 2009

Baru hari Selasa siang kemarin saya ambil hasil UAS, sempat di scan buat penilaian, khususnya di bagian multiple choice. Hasil sekilas, ternyata bagian II tersebut nilainya kurang menggembirakan. Asumsi semula yang seharusnya bagian ini bisa lebih bagus, minimal melalui baca materi handsout, ternyata meleset. Hasil ini kemungkinan akibat salah baca (kata “kecuali” atau “paling tepat” jadi kebalik-balik), atau kurang memperhatikan detil materi. Sesaat saya coba simulasikan dengan menjawab langsung, ternyata ada juga beberapa yang saya sendiri salah tafsir atau miss perception dari soalnya.

Untuk memperbaiki nilai akhir, pada kesempatan yang pendek ini, karena Nilai Akhir harus sudah di submit ke BAAK tanggal 4 Januari, saya memberikan remedial buat mata kuliah ini. UAS Remedy nya melalui menjawab kembali soal bagian II, soal tidak dikembalikan jadi kemungkinan masih dibawa partisipan. Remedial ini maunya closed book tapi kayaknya nggak yakin dipatuhi, jadi terpaksa open book aja. Jawaban harap dapat segera dikirim melalui email paling lambat tanggal 2 Januari 2010. Hasil dapat dikirim melalui format xls (ingat bukan versi 2007) sehingga saya bisa langsung nilai dengan cepat.

Mohon informasi ini dapat disampaikan ke yang berkepentingan.

Thursday, December 10, 2009

Tidak Ada Klas Pengganti

Semula, meski periode minggu tenang, direncanakan akan ada kuliah pengganti di hari Sabtu pagi mendatang. Namun rencana ini dengan sangat menyesal saya sampaikan dibatalkan. Karena mulai besok saya mendapat tugas ke Denpasar (padahal baru sessi klas kemarin ngomongin Bali).

Jadi pertemuan berikutnya langsung Ujian Akhir Semester. Seperti biasa, resep jitu untuk lulus dalam mata kuliah ini, banyak baca, belajar dan memperluas wawasan.

Selamat bersiap UAS.

5th December 2009 Class at a Glance : Gartner model and Future Life Style

Klas di awal bulan Desember (seingat saya tanggal segitu, bener nggak tuh?!), dibahas dua materi. Materi pertama adalah materi yang saya ambil dari model analisa Gartner yang cukup populer di kalangan vendor IT, namanya Magic Quadrant dan Hype Cycle. Kedua model dari Gartner ini, cukup relevan dengan materi New Product Developmant, terutama dalama mengelola product, khususnya dari aspek bisnis.


Materi yang baru pertama kali di release semester ini, memang di luar course plan yang direncanakan. Namun tidak ada salahnya materi ini saya tambahkan, sebagai bagian dari knowledge update.

Paparan Magic Quadrants, seperti halnya matrix dua dimensi lainnya (BCG misalnya) membahas 4 kuadran dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing. Dimensi yang disajikan dalam model ini adalah sumbu “ability to execute” dan “completeness of vision”. Dengan memahami aksis atau sumbu tersebut bisa dikira-kira bagaimana karakteristik dari kuadran Challenger, Niche Player, Visionaries, dan Leaders.

Model matrix dua dimensi ini cukup populer dipergunakan oleh beberapa analis. Ada banyak model yang digambarkan dalam matrix seperti itu, yang terpenting adalah bagaimana memadukan dua dimensi ini menjadi suatu karakteristik yang bermakna.


Materi kedua, sebenarnya juga materi tambahan beyond course plan. Namun materi ini sudah pernah disampaikan dalam season tahun lalu. Materi yang diambil dari gabungan beberapa bahan presentassi seminar Next Generation Network, masih cukup relevan dengan issue life style yang dipadukan dengan emerging technology.

Selamat menikmati...

Tuesday, December 08, 2009

Low Performance

Dalam media ini, ijinkan saya mengutarakan permohonan maaf.

Semester ini, saya merasakan performansi perkuliahan tidak optimal. Hal ini dapat dilihat dari aspek berikut:

.

  1. Klasmaya kurang optimal menjadi media pembelajaran yang interaktif. Kalau toh ada satu dua komentar, pengelola tidak menindak lanjuti dengan suatu diskusi yang berkembang.
  2. Klasmaya juga minim tambahan materi dan konten di luar course plan. “Class at a Glance” sering kali terlambat, apalagi proaktif menyediakan materi sebelum klas berjalan. “Layar Tancep of this Month” juga hanya muncul sekali dalam satu semester. Artikel lain yang bisa menjadi materi tambahan dan bahan diskusi kurang disajikan pada semester ini.
  3. Secara keseluruhan posting Klasmaya semester ini jauh menurun dibandingkan periode untuk klas yang sama sebelumnya. Perbandingannya sampai saat ini adalah 18 dengan 37 posting.
  4. Media Obrolan Produk Telematika yang seharusnya menjadi media partisipatif dari partisipan dan penggembira kurang dikelola dengan baik, sehingga tidak efektif berjalan sesuai harapan.
  5. Class Offline selain beberapa kali harus didelay, juga seringkali kurang berjalan sesuai rencana, akibat lagging material sehingga kurang interaktif (2 Way Communication).

List of low performance evidence ini sebenarnya mungkin bisa lebih banyak berderet. Untuk menunjukkan ketulusan permohonan maaf, saya mempersilakan partisipan untuk menambah daftar diatas melalui komentar.

Sekali lagi.... Maaf....