Klas di awal bulan Desember (seingat saya tanggal segitu, bener nggak tuh?!), dibahas dua materi. Materi pertama adalah materi yang saya ambil dari model analisa Gartner yang cukup populer di kalangan vendor IT, namanya Magic Quadrant dan Hype Cycle. Kedua model dari Gartner ini, cukup relevan dengan materi New Product Developmant, terutama dalama mengelola product, khususnya dari aspek bisnis.
Materi yang baru pertama kali di release semester ini, memang di luar course plan yang direncanakan. Namun tidak ada salahnya materi ini saya tambahkan, sebagai bagian dari knowledge update.
Paparan Magic Quadrants, seperti halnya matrix dua dimensi lainnya (BCG misalnya) membahas 4 kuadran dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing. Dimensi yang disajikan dalam model ini adalah sumbu “ability to execute” dan “completeness of vision”. Dengan memahami aksis atau sumbu tersebut bisa dikira-kira bagaimana karakteristik dari kuadran Challenger, Niche Player, Visionaries, dan Leaders.
Model matrix dua dimensi ini cukup populer dipergunakan oleh beberapa analis. Ada banyak model yang digambarkan dalam matrix seperti itu, yang terpenting adalah bagaimana memadukan dua dimensi ini menjadi suatu karakteristik yang bermakna.
Materi kedua, sebenarnya juga materi tambahan beyond course plan. Namun materi ini sudah pernah disampaikan dalam season tahun lalu. Materi yang diambil dari gabungan beberapa bahan presentassi seminar Next Generation Network, masih cukup relevan dengan issue life style yang dipadukan dengan emerging technology.
Selamat menikmati...