Friday, November 26, 2010

Tugas akhir NPD 2010

Tidak terasa jadwal offline klas sudah tinggal beberapa kali sessi lagi (berapa yaa?). Daripada terlewatkan, posting kali ini disampaikan tugas akhir dari klas NPD (New Product Development) 2010, yang Alhamdulillah untuk kali ini sekaligus dua tugas. Bukan apa-apa, melihat beberapa nilai terakhir, terutama UTS, masih banyak yang harus diperbaiki. Mudah-mudahan tambahan tugas ini bisa me ‘recover nilai-nilai yang masih under average or even under minimum standard.

Tugas pertama sebenarnya sudah disampaikan di klas minggu lalu. Tugas ini merupakan tugas lanjutan dari tugas sebelumnya yang terkait dengan kajian dari projek dan riset Google (GoogleLab). Jika sebelumnya lebih banyak memberikan analisa, evaluasi dan usulan pengembangan melalui OFI (Opportunity For Improvement), tugas kali ini adalah mencoba membuat projek sendiri dengan asumsi di lingkungan Lab nya Google (GooglePlex).

Kalau partisipan baca posting sebelumnya (Recap), saya cenderung mengarahkan tugas akhir yang pertama ini merupakan kelompok ketiga, baik untuk lingkungan desktop maupun gadget. Artinya gagasan dan ide untuk proposal projek bisa memanfaatkan konten yang tersedia untuk kepentingan yang lebih tepat sasaran, mengelola konten lebih optimal atau bahkan menumbuhkan konten baru.

Tugas di tulis dalam bentuk proposal dengan menampilkan objektif atau sasaran dari produk atau solusi yang di tawarkan, focus segmen pengguna apa, dan bagaimana solusi dapat dijelaskan (how it works). Proposal juga dilampirkan simulasi (dapat berbentuk materi presentation yang interaktif, atau animasi dari flash, program java atau format lain yang sederhana. Yang penting adalah bagaimana simulasi dapat menjelaskan step-by-step dari kerja suatu gagasan.

Tugas kedua lebih enteng, partisipan hanya diminta menuliskan pendapat, pandangan, bisa juga konsep atau gagasan dalam subjek Pengembangan Produk Telematika. Dari sekian materi yang disampaikan dalam handout, artikel dan tulisan, selayaknya partisipan memiliki cara pandang yang spesifik dan boleh jadi unique, fresh, dan orisinil, namun bukan berarti “ngasal”. Minimal tulisan dalam 600 kata yang ditulis dalam text editor dalam bentuk file/softcopy.

Selamat berkreasi…..

Thursday, November 25, 2010

Recap assignment of Google LabsExperiments Evaluation

Posting kali ini akan mengetengahkan hasil dari tugas kalau ga salah ke-4 tentang mengevaluasi dan mengkaji project dan experiment dari GoogleLab.

Dari beberapa paparan tugas tersebut, paling tidak ada 3 kelompok project yang digagas tim riset dan pengembangan produk Google, khususnya projek yang dipilih partisipan. Kelompok pertama “relatively” merupakan project core dari Google, sebut saja produk search engine. Pengembangan search engine untuk gambar melalui Goggles yang dikaji oleh Pirtom menjadi contoh pertama untuk kelompok ini. Project GoogleMaps (kajian Adrian Reza) yang awalnya saya kira sudah bukan lagi “project” GoogleLab, kalau boleh di kelompokkan juga dalam kelompok ini. Informasi peta, meski bukan core business, menjadi konten yang dikelola langsung oleh Google. Setelah GoogleMap dan Google Earth, project SkyMap (kajian Faisal Syururi) menjadi alternative untuk mulai melihat ke atas, mengamati langit dan bintang melalui layar computer. Saya pernah baca, Google juga sudah memberikan informasi peta permukaan laut.

Kelompok kedua berhubungan dengan strategi Google di pasar seluler melalui Android operating system. Project serupa App Inventor for Android yang dikaji Praptanta maupun evaluasi BreadCrumb oleh Risyad merupakan strategi Google untuk mempermudah pengguna membangun aplikasi kecil di gadget selulernya yang pada akhirnya mempopulerkan Android OS dan juntrungannya menambah market share produk google.

Kelompok ketiga berhubungan dengan projek yang memanfaatkan konten eksisting Google atau pengelolaan dari konten yang tersedia di Internet. Kelompok ini diwakili oleh projek semacam Google Reader Play (kajian Benny Natanael), FastFlip (kajian Aldi Rinaldi), Google Follow Finder (kajian Yeremia), GoogleTrends (kajian Reski Mapriharto), termasuk mungkin Google Transit (kajian Mangapu).

Termasuk dalam kelompok ketiga ini adalah projek atau aplikasi berbasis Android seperti Open Spot Android (kajian Syafran), Finance4Android (kajian Yunus), Google Shopper (kajian Robby Komadi) yang menggabungkan mesin pencari gambar dengan informasi dari situs penjualan online.

Ulasan lengkap bisa dibaca dari paparan yang di share (link) dalam posting ini (kalau sudah tersedia).

Monday, November 22, 2010

20th November 2010 Class at a Glance : (8) Business Case Financial Metrics

Materi business case menjadi sangat relevan pada saat pengembangan produk dikaitkan dengan usaha/bisnis/pengembangan bisnis seperti di awal kuliah kita telah bahas (beyond product development). Salah satu bagian dari buku acuan Dieter juga menyajikan topik ini dengan judul Economic Decision Making. Karena asusmsi partisipan biasanya tidak curious untuk cari buku acuan, di posting kali ini saya sediakan saja cuplikan dari bab 13 yang bisa di unduh disini:

Meski sedikit berbeda dari model penyajian di referensi Dieter, materi yang saya cuplik dari pelatihan spesifik business case moga-moga bisa lebih simple dan mudah dipahami dengan tools antara lain NCF, CCF, PB, BEP, ROI, NPV, IRR (akronim ini seharusnya bukan hal yang asing lagi sekarang). Analisa untuk menilai suatu bisnis dan mengambil keputusan dari beberapa alternative proposal projek juga mencakup aspek “time value of money” dari discount rate. Selain perhitungan dalam spreadsheet,disampaikan pula perhitungan manual.

Wednesday, November 17, 2010

Materi eBook sebelum kuliah

Sesuai yang direncanakan di klas sebelumnya, kuliah minggu depan akan membahas materi dari salah satu eBook dari Dahan & Hauser. Materi ini sempat diulas di awal kuliah. Artikel dengan judul “Product Development - Managing a Dispersed Process” cukup relevan dengan mata kuliah kita, ada beberapa terminologi, istilah, pendekatan dan konsep yang dapat memperluas wawasan tentang pengembangan produk. Jadi cukup representatif untuk dijadikan bacaan wajib kuliah ini.


Biar agak sedikit stretching the goal, klas depan saya beri quiz dulu dari materi ini sebelum dibahas di klas, sehingga diharapkan partisipan dapat mempelajari, minimal membaca materi sebelumnya.

Wednesday, November 10, 2010

30th October 2010 Class at a Glance : (7) Marketing

Sebagai klas pengganti, kuliah 30 Okt 2010 lalu hanya diikuti oleh beberapa “gelintir” partisipan kemungkinan karena bentrok dengan kuliah lain atau ada kegiatan lain yang tidak bisa dipungkiri untuk dihindari.

Sebagai awal klas, sambil menunggu hadirnya partisipan lain, dibahas materi Marketing sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan produk. Ulasan pemasaran dimulai dari aspek perkembangan ekonomi baru akibat pengaruh revolusi digital. Aspek ini dapat merubah atau paling tidak merevisi praktik pemasaran sehingga memberikan benefit baru bagi konsumer maupun perusahaan.

Topik Marketing sebenarnya sangat luas, untuk mata kuliah pengembangan produk, bahasan marketing cukup diulas beberapa hal mendasar antara lain target market, segmentasi, demand, channel, relationship marketing, dan enhancing value.

Di bagian kedua sessi kuliah satu arah, meski kita juga sudah coba melakukan diskusi, dibahas tugas tentang review Google Labs. Di posting berikutnya, moga-moga saya bisa sampaikan materi dari tugas untuk di share.

Seperti biasa, handout dapat kalian unduh disini, termasuk materi lain yang belum sempat disampaikan, paling tidak bisa di baca untuk dipahami.

Tuesday, November 09, 2010

Reading Material for This Week : A Whole New Mind

Sebenarnya materi bacaan ini seharusnya sudah di posting beberapa minggu lalu, namun mungkin karena kelupaan atau material nya tercecer, jadi baru bisa di posting hari ini.

Bacaan nya berupa artikel, jadi partisipan ga usah berkerut dahi karena musti baca terlalu panjang. Artikel ini mengulas buku dengan judul “A Whole New Mind” yang di tulis oleh Daniel H. Pink. Jadi alih-alih kalian musti baca buku aslinya, ulasan atau review dari bukunya Pink ini moga-moga sudah mencukupi.

Kontennya sebenarnya sudah di bahas di sessi kuliah beberapa waktu lalu, ingat kan yang ada six-senses dengan otak kanan, moga-moga ada yang nempel, kalaupun nggak, artikel ini bisa jadi pelengkap pemahaman dari penyampaian di kelas yang mungkin masih membingungkan.

Happy reading…

Sunday, November 07, 2010

For all participant of Klasmaya 2010 2nd half year season


Mohon komentar untuk usulan pengganti Offline (real) Class...

Kalo work day saya bisa mulai jam 07:00, tinggal hari apa yang dominan bisa semua. Mohon di komentarin kira-kira hari apa yang bagus sesuai penanggalan china (feng shui) atau jawa (weton).

Kita masih ada satu tugas, untuk sebagian partisipan yang belum memaparkan projek Google.
Berikutnya ada tugas lain terkait "Create your own project" atau sekedar "Customise to enhance the existing one"

Thursday, November 04, 2010

Another Attention: “Tidak ada kuliah Sabtu 6 November 2010”

Berhubung sejak hari Rabu kemarin saya sudah berada di Batam (for business), dan hari ini (Kamis) baru nyebrang ke SING (for pleasure), dengan berat hati, lagi-lagi, kuliah besok Sabtu 6 November 2010, ditiadakan (for sure).


Kuliah pengganti belum dijadwalkan karena belum dikonfirmasikan ke BAAK.

Mohon informasi ini dapat disampaikan kepada partisipan lain.