Sunday, February 28, 2010

27th of February 2010 Class at a Glance

Di minggu ke empat, diawali dengan pembahasan pekerjaan rumah dengan materi market capitalization dari industri telematika di Indonesia. Ada beberapa komentar dan konfirmasi dari jawaban PR.

Selanjutnya, sebagai bagian dari evaluasi pertemuan sebelumnya, sessi ini diisi dengan Quiz. Materi quiz mengacu pada materi yang telah dibahas sebelumnya dan materi artikel terakhir yang sudah diposting di klasmaya (sebagai salah satu tugas yang disampaikan minggu lalu). Dari jawaban yang dikumpulkan dapat dimengerti bahwa bagian pertanyaan dari artikel hanya sedikit (untuk menghaluskan tidak ada satupun) yang dapat menjawab dengan sempurna. Ini menandakan bahwa meski materi referensi sudah disediakan, toh tidak menjamin untuk dibaca, apalagi beli buku referensi.

Sisa pertemuan dibahas lebih detil dari materi Industry Analysis tools yang diwakili ”5 Forces” nya Porter. Selain bahasan detil dari masing-masing Forces, diulas juga practical implementation untuk menerapkan 5-Forces melalui assessment dan scoring. Pendekatan ini diambil dari projek analisis industry dengan konsultan beberapa tahun lalu. Materi ini membedakan klas ini dengan pendekatan yang hanya membahas materi kontekstual di text book saja.

Sayangnya karena waktu terbatas, maka assessment akhirnya menjadi materi homework untuk minggu depan. Industri yang ditentukan untuk asessment dari determinant 5-Forces Porter dapat dipilih dari industri :
• Broadband Wireless Access (Wimax)
• IPTV
• Content (Game/Application/Music/Video Online),
• 3G Seluler

Assessment/penilaian dilakukan melalui opini seberapa tepat menurut anda pernyataan tersebut plus dengan tambahan komentar tentang alasan jawaban, plus untuk lebih sempurna lagi jika menyampaikan sumber informasinya. Setelah menetapkan jawaban, dilanjutkan dengan scoring dan mengkalkulasi impact rating. Seperti yang disampaikan dalam handout, perhitungan rating menggunakan pendekatan formula jumlah total scoring dibagi dengan jumlah statement yang dijawab bukan N dikali max score (2).

Selamat menganalisa....

Monday, February 22, 2010

20th of February 2010 Class at a Glance

Sessi ketiga dari klas tatap muka sebenarnya masih membahas materi pendahuluan. Materi kali ini lebih ditekankan pada aspek regulasi, market, bahasan awal Business Process, Product Development serta konsep Peningkatan Value.

Ditunjukkan bagaimana regulasi, khususnya di Indonesia, dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap penetrasi. Pasar yang awalnya monopoli berubah menjadi terbuka dengan dampak yang akhirnya menguntungkan pelanggan dan pertumbuhan ekonomi. Trend regulasi seperti unified license, number portability, cost based interconnection, dan yang lainnya diulas untuk memberikan gambaran yang pada dasarnya deregulasi cenderung berpihak dalam membuka entry barrier dan switching cost. Pada akhirnya diharapkan dapat memberikan andil dalam pertumbuhan industri yang atraktif dan menguntungkan masyarakat.

Materi kedua mengambil tema Market (pasar) yang dalam hal ini mengacu pada pasar saham. Meski materinya relatif belum up-to-date dari data tahun lalu, namun ulasan bagaimana porsi industri telematika yang me’lantai’ di bursa Indonesia cukup memberikan gambaran dalam hal kontribusi industri dibanding industri lainnya. Segment segmen industri infrastruktur yang termasuk didalamnya sektor komunikasi memberikan kontribusi hampir seperempat market kapitalisasi bursa Indonesia, sedikit dibawah industri perbankan.

Tugas minggu depan, seperti yang disampaikan di akhir sessi, adalah sebagai berikut:

  1. Opinion publishing: materi klipping khususnya untuk bagian opini diwajibkan untuk di email dan/atau disubmit pada weblog yang sudah dipersiapkan di “Obrolan Bisnis Telekomunikasi” (OBT) dengan menggunakan user uuu dan password ppp.
  2. Update Market Indicator: paparan materi Market khususnya slide 6 s/d 8 perlu di update untuk data tahun 2009. Know-How sudah disampaikan di akhir sessi, jadi tinggal diimplementasikan. Data berikut gambarnya bisa disampaikan melalui email atau versi cetak ang disampaikan di minggu depan.
  3. Tugas ketiga yang relatif cukup mudah adalah membaca artikel atau mini eBook dari tulisan Lawrence K. Vanston, Ph.D. dengan judul “A New Telecommunications World”, sebagai persiapan materi selanjutnya, atau minimal pengganti text book.

Tabik .. . . ..

Tuesday, February 16, 2010

6th of January and 15th of February 2010 Class at a Glance

Bahasan dua sessi lalu merupakan pendahuluan dan lingkup mata kuliah EL-102. Pendahuluan mengulas perkenalan, text book yang disarankan, dan media klasmaya yang diposisikan menjadi media alternative untuk klas. Sementara dari aspek linkup, dibahas segmen industri yang cukup lebar seperti perbedaan Fixed Wireline Access, Cellular, dan Fixed Wireless Access; Pay TV (ada yang ingat kelompok ini menggantikan apa sebagai koreksi?); Internet / Broadband Access; ASP; Content Provider; dll. Contoh pemain di industri telematika juga dipaparkan untuk lebih memahami lingkup industri.

Issue-issue seputar terminologi dan case sedikit dibahas untuk membuka pandangan dan wawasan seputar industri telematika / Infocomm / ICT / ada istilah lain?

Di sessi kedua, yang juga menjadi klas pengganti, diulas sedikit pendahuluan 5 Forces Porter dan Analisa Portfolio sebagai tools untuk memahami industri dan wawasan strategi bisnis. Bahasan lain, terkait dengan pendahuluan, mulai masuk ke aspek issue terkait di industri telematika seperti populasi, ICT demand, seperta pertumbuhan pasar. Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, materi presentasi bisa diunduh disini.

Friday, February 12, 2010

Class Delay on 13th February 2010

Berhubung saya ada appointment dengan dokter di Jakarta hari Jum’at malam ini, maka jadwal kuliah hari Sabtu tanggal 13 Februari 2010 ditiadakan. Belum dikonfirmasikan dengan pihak BAAK, sehingga kuliah pengganti akan ditetapkan kemudian.

Sebagai tugas pekerjaan rumah sampai pertemuan selanjutnya, kalian cari dan baca berita di media terkait dengan issue telematika sekitar 6 bulan terakhir. Selanjutnya ambil satu topik yang menurut anda menarik untuk di kliping, namun tidak sekedar kliping yang dikumpulkan tapi termasuk resume dan tulisan opini bebas dari pikiran dan pendapat anda.

Demikian disampaikan, mohon informasi ini dapat disebarluaskan pada yang berkepentingan. Terima kasih.

Thursday, February 11, 2010

Selamat datang pemirsa EL-102 2010

Selamat bergabung di media Klasmaya, medianya audiens eksisting dan mantan audiens dari beberapa mata kuliah yang lainnya.

Seperti yang telah disampaikan pada klas minggu lalu, media ini disiapkan untuk media alternatif pertemuan dalam dunia maya. Mungkin bukan berbentuk klas namun ada informasi dan boleh jadi kolaborasi terkait dengan metode pembelajaran. Jadi buat kalian, minimal buat semester ini, masukkan situs ini di favorit, boleh juga di taruh di situs/blog/facebook kalian.

Saya mohon maaf, karena posting ini cukup lama baru muncul, sejak klas pertama di hari Sabtu lalu. Seperti biasa aspek waktu dan kesempatan menjadi kendala selain issue “haroream” (untuk non Sundanese bisa mencari jawaban di wikipedia Sunda).

Sebagai pembuka, saya akan lampirkan satu dokumen yang bisa menjadi sample untuk pembahasan industri telematika, report ini diambil dari Canadian Radio-Television and Telecommunication Comission salah satu regulator di Canada dengan judul “Communication Monitoring Report 2009”. Dokumen dengan tebal sekira 300 halaman ini sudah di truncate menjadi sekitar sepertiganya dengan mencuplik hanya bagian-bagian yang relevan saja. Dokumen ini bukan buat dihafal, namun minimal menjadi pembuka wawasan tentang industri telematika. Minimal dibaca pada bagian “Executive Summary”, sisanya boleh dibaca atau cukup discanning saja.

Sekali lagi selamat bergabung dan berkontribusi.