Tuesday, October 27, 2009

Baca eBook sebelum kuliah besok

Rencananya klas besok diisi dengan paparan dari PR (homework) tentang “product comparison” yang sudah disubmit. Meski saya sudah menyampaikan agar hasil kajian di posting di sister blog nya Klasmaya, sayangnya malam ini saya cuman lihat satu tulisan saja. Padahal kalau beberapa tulisan disubmit, mungkin bisa membiasakan diri untuk berbagi (sharing culture), disamping memudahkan pemirsa menyimak paparan nantinya.

Sebagai tambahan untuk persiapan klas besok, posting kali ini saya coba upload salah satu eBook dari Dahan & Hauser. Materi ini sempat diulas di awal kuliah. Artikel dengan judul “Product Development - Managing a Dispersed Process” cukup sesuai dengan mata kuliah kita, ada banyak terminologi, istilah, pendekatan dan konsep yang dapat meningkatkan wawasan tentang pengembangan produk. Jadi cukup representatif untuk dijadikan bacaan wajib kuliah ini. eBook ini saya potong sebagian agar tidak terlalu jenuh dan bisa lebih fokus.

Sunday, October 25, 2009

24th October 2009 Class at a Glance : (7) Marketing

Klas 24 Okt lalu nampaknya jadi klas yang paling sepi, karena beberapa partisipan pada hari itu mempunyai kesibukan terkait dengan graduation day. Kalau tidak salah hanya dihadiri 4 partisipan, tapi the show must go on.

Tadinya saya berencana membuka sessi presentasi dari PR minggu lalu terkait dengan perbandingan produk. Namun melihat kondisi yang hadir, rencana tersebut dibatalkan, mungkin minggu depan dapat kita tampilkan bersama (mohon diingat itu).

Sessi klas minggu lalu dibahas materi Marketing sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan produk. Topik ini sebenarnya cukup luas, beberapa jurusan bahkan menjadikannya dalam beberapa mata kuliah wajib. Namun untuk mata kuliah pengembangan produk, bahasan marketing cukup diulas beberapa hal mendasar. Konsep dan pemahaman dasar materi pemasaran diharapkan dapat menjadi awal keingintahuan (curiousity) untuk lebih memperluas wawasan marketing yang terkait dengan NPD atau manajemen strategi.

Biasanya materi ini disampaikan untuk dua kali klas, saya berencana untuk meng’kompressi menjadi satu kali pertemuan, tapi tidak berhasil. Ada beberapa cerita kasus yang menyita waktu kuliah, disamping kegiatannya dimulai sedikit terlambat.

Sedikit melompat terkait dengan produk telematika, ulasan pemasaran dimulai dari aspek perkembangan ekonomi baru akibat pengaruh revolusi digital. Aspek ini dapat merubah atau paling tidak meng’adjust praktik pemasaran sehingga memberikan benefit baru bagi konsumer maupun perusahaan. Meski bisa pula memberikan resiko (ingat kasus IKEA dan Prita, buat yang tidak sempat hadir bisa ditanyakan pada yang hadir). Pendekatan dan jargon marketing seperti e-Business bisa menjadi salah satu contoh pemanfaatan digital. Issue Web 2.0 yang juga muncul dari praktisi pemasaran saat ini juga memicu pendekatan baru.

Aspek lain seperti target market, segmentasi, demand, channel, relationship marketing, dan enhancing value juga turut menjadi pokok bahasan. Aspek enhancing value bisa memiliki hubungan yang sangat erat dengan subjek pengembangan produk melalui alternatif raising benefit atau reduce cost atau variasi kombinasi keduanya. Saya mencoba menggambarkan dalam model matriks yang mungkin perlu ditambahkan dalam materi presentasi. Ada yang masih ingat? dan bisa bantu?

Bagian kedua yang tadinya akan sekalian dibahas, saya gabung saja dalam handout yang bisa diunduh disini. Sehingga kalian dapat baca lebih awal dan mungkin tidak perlu penjelasan lebih jauh. Bagian kedua ini lebih mengarah pada sistem informasi marketing, dengan cakupan data internal, intelligence systems, marketing research, dan decision support. Selain itu variasi basis segmentasi dalam kaitan sistem informasi juga dibahas di bagian ini.

Lebih lengkap, bisa dibaca di handout. Have a nice reading...

Thursday, October 22, 2009

19th October 2009 Class at a Glance : (6) Mid Term Test

Klas di hari Senin sebagai kuliah pengganti, obviously terlambat satu jam dari rencana semula. Mendadak pada hari itu saya harus menghadiri pertemuan di Purwakarta yang sulit untuk dihindari dan ditinggalkan lebih awal. Sehingga dengan terpaksa rencana jam 16:00 dirubah menjadi 17:00. Untung tol Cipularang di hari Senin tidak terlalu padat.

Klas diisi UTS selama 120 menit. Sebenarnya ada kesalahan cetak dalam penulisan draft soal UTS untuk durasi, tapi tak apalah, lagi pula saya tidak perlu cerita panjang lebar untuk sisa waktu UTS, toh beberapa peserta ada yang tertinggal karena bentrok dengan mata kuliah lain yang musti ditunggu juga.

Selain mid test, seperti yang telah dijanjikan, dikumpulkan homework perbandingan produk. A bit surprise on my first impression, karena beberapa dari kalian menyajikan dengan cukup detil, berlembar-lembar dan cukup “comprehensive”. Moga-moga tulisan tersebut merupakan hasil kajian, bukan sekedar menyalin dari satu artikel saja (beberapa ada yang seperti juga).

Belajar dari pengalaman dan kajian dalam tulisan “peer”, dalam hal ini kawan anda, saya pikir ada baiknya kalau tulisan homework tersebut disubmit di blog yang sudah disediakan untuk Klasmaya Pupil. Jadi tugas berikutnya adalah posting PR ke sister blog dari Klasmaya yang sudah (barusan) saya siapkan dengan nama “Obrolan Produk Telematika (OPT)”. Nama dan password untuk akses akan saya kirim melalui email saja.

Posting bisa berupa copy paste dari seluruh tulisan ke blog OPT, namun kalau rada kompleks bisa lebih disederhanakan dengan membuat link ke share file yang sudah di tentukan.

Selanjutnya kita akan coba melakukan “peer assessment” untuk tulisan yang sudah di posting. Selamat mencoba...

Friday, October 16, 2009

Class will be delay to Monday, October 19th 2009; Prepare for Mid-term Test


Berhubung (lagi-lagi) ada satu/dua keperluan mendadak sehingga saya tidak dapat hadir di kuliah tanggal 17 Oktober 2009 mendatang. Setelah dikonfirmasikan dengan pengelola institusi, jadwal minggu ini kemungkinan digeser ke hari Senin jam 16:00, Ruangan masih harus diklarifikasi dengan BAAK. Demikian pengumuman ini disampaikan, mohon disampaikan pada yang berkepentingan.

Tuesday, October 13, 2009

10th October 2009 Class at a Glance : (5) Concept Generation & Evaluation and Article Discussion

Klas minggu lalu dibahas materi dari buku acuan Dieter dari bab-5. Seperti biasa, dari pantauan sekilas, belum ada satupun yang sudah memperoleh (baik pinjem, fotocopy, atau beli) buku Dieter yang sudah ditetapkan institusi menjadi buku acuan mata kuliah ini.

Materi Concept Generation and Evaluation meliputi proses Define Problem, Gather Information, Concept Generation, Evaluation of Concepts, Product Architecture, Configuration Design, Parametric Design, dan Detail Design. Empat proses pertama dikelompokkan dalam Conceptual Design, sedangkan sisanya menggambarkan Embodiment Design.

Isu-isu yang terkait dengan disain konsep antara lain aspek kreativitas dan penyelesaian masalah melalui metode antara lain seperti brainstorming, ataupun mind map. Sementara pada aspek evaluasi dibahas beberapa metode pemilihan konsep antara lain melalui Absolute Criteria, Pugh Selection, Measurement Scales, Weighted Decision Matrix, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Beberapa contoh penerapan metode tersebut dipaparkan pula mengacu pada referensi Dieter.

Setengah jam sebelum klas berakhir, kita sempat ulas materi dari beberapa article yang terkait dengan pengembangan produk antara lain A Whole New Mind, Design the Perfect Product ; The Beauty of Simplicity dan Ten Google Golden Rules.

Artikel dari A Whole New Mind membahas aspek Story dari Six Senses (Design, Story, Symphony, Empathy, Play and Meaning) yang ditulis mas Pink mungkin bisa dikorelasikan dengan issue “word of mouth” nya marketing. Dengan cerita, “bikin hidup lebih hidup”, ada faktor emosional yang lebih menyentuh daripada sekedar informasi belaka. Cerita bisa diambil dari experience pelanggan yang disampaikan ke calon pelanggan sehingga bisa lebih memperkuat hasrat untuk mencoba. Industri jajanan / cafe di Bandung tidak terlepas dari word of mouth marketing, yang bahkan local residence pun belum tentu tahu.

Tugas Besar, Assignment of session 2009


Beberapa pertemuan yang lalu, saya berkeinginan untuk mulai menyampaikan tugas besar untuk sessi kuliah tahun ini, namun beberapa kali tertunda karena semangat menyampaikan materi kuliah.

Di posting kali ini, seperti yang sudah saya sampaikan pada pertemuan terakhir, saya akan memberikan tugas besar dengan alternatif sebagai berikut :

Alternatif-1: Prototype User Interface product IPTV
Deliverable berupa prototype dalam bentuk simulasi (minimal storyboard) berbasis aplikasi atau minimal melalui presentation tools. Aspek dan fungsi dari user interface meliputi minimal

  1. Menu memilih channel program bebas dan berbayar.
  2. Menu melihat jadwal program
  3. Menu menyimpan konten program
  4. Menu memilih Video on Demand (berbayar)
  5. Menu Teleconference
  6. Menu akses Internet
  7. Menu fungsi lain yang diusulkan

Alternatif-2: Prototype User Interface situs social network atau berbasis Web 2.0
Deliverable berupa proposal ide pengembangan situs sosial yang direpresentasikan melalui simulasi situs (minimal storyboard) berbasis aplikasi atau minimal melalui presentation tools. Aspek dan fungsi dari user interface disesuaikan dengan fitur dan fungsional situs tersebut. Untuk materi presentasi disampaikan tujuan (objectives), target segmen, dan informasi lain yang dapat melengkapi penyampaian gagasan.


Deadline tugas harus dapat diselesaikan maksimal tanggal 14 November 2009, untuk selanjutnya dilakukan demo atau presentasi didepan kelas.


Tugas dapat dilakukan maksimal 2 orang per kelompok yang diharapkan cross department.

Friday, October 09, 2009

5th October 2009 Class at a Glance : (4) Idea Generation and QFD

Punteun banget, CAAG (class at a glance) baru di posting malam ini. Minggu ini jadwal cukup padat, namun semua harus bisa diselesaikan.


Minggu terakhir yang berlangsung di hari Senin sebagai kuliah pengganti, di simulasikan bagaimana proses pembentukan ide dengan melihat peluang, target market, dan enabler dari aspek teknologi. Meski issue nya masih kasus yang sebelumnya menjadi materi brainstorming, tetap saja tidak mudah untuk menggali segala kemungkinan yang boleh jadi a bit wild, nyleneh, namun bisa inovatif.

Sessi terakhir dibahas materi dari bukunya Sheila Mello tentang market driven product definition dan bahasan Quality Function Deployment (QFD) dari Dieter.

Sebagai tambahan baca-baca, meski tidak di bahas di klas, materi 15 CSF dari Cooper juga saya tambahkan di sini.

Thursday, October 01, 2009

Stop Press: Tidak ada kuliah minggu ini

Berhubung saya terlanjur buat appointment dengan dokter di Jakarta, maka kuliah tanggal 3 Oktober 2009 ditiadakan. Setelah saya konfirmasi dengan pengelola institusi, jadwal minggu ini kemungkinan digeser ke hari Senin tanggal 4 Oktober 2009 jam 17:00, Ruangan masih harus diklarifikasi dengan BAAK. Demikian pengumuman ini disampaikan, mohon disampaikan pada yang berkepentingan.

Minal Aidin wal Faidzin 1430 H



Tidak terasa Ramadhan sudah lewat, Lebaran usai, ketupat pun sudah habis.
Liburan panjang sempat melenakan kita dengan Klasmaya.


Melalui media ini saya mengucapkan
“Minal Aidin wal Faidzin Taqaballahu Minna wa Minkum”
Mohon maaf lahir dan batin.