Monday, September 14, 2009

Brainstorming on Klasmaya


Mungkin simulasi brainstorming minggu lalu masih kurang di exploitasi. Boleh jadi waktu diskusi kurang, atau issue yang didiskusikan masih belum jelas saat itu, atau saat itu belum ada ide yang muncul, atau saat diskusi rada malu-malu, atau beberapa kawan mendominasi diskusi, atau apalah...

Kita coba proses brainstorming lewat Klasmaya. Kalian bisa mengajukan usulan, ide, atau proposal buat produk dari materi diskusi yang kemarin disimulasikan (lihat posting sebelum ini). Masing-masing harus mengajukan idenya untuk 2 soal/materi brainstorming. Sebaiknya ide atau usulan tidak serupa dengan yang pernah diusulkan kawannya, jadi siapa yang tanggap / cepat posting dapat keuntungan nggak harus mikir yang lain jika sama. Ide atau usulan bisa lebih dari satu, tapi setiap satu usulan dibuat dalam satu komentar, yang penting salah satu soal ada yang mewakili, artinya meski lebih dari satu namun harus ada ide untuk dua soal tersebut.

Saya nggak tahu, minggu depan libur atau nggak, kalaupun libur ada peluang untuk buat ide sebanyak-banyaknya. Selamat cari gagasan, cari ilham, brainstorming.

12th September 2009 Class at a Glance : (3) New Product Development & Design Process

Klas minggu ketiga diawali dengan jawaban PR tentang “Stages and Customer Types” dan materi “Expanded PLC” dari Dieter yang seharusnya menjadi bagian dari materi minggu ke-2.

Ada dua agenda untuk konten minggu ini, antara lain New Product Development Dan Design Process. Konten dominan mengacu pada buku Dieter pada bab-1. Aspek NPD yang lebih banyak terkait dengan proses dibahas disini. Seperti pada umumnya proses bisnis lainnya, proses ini juga meliputi tahapan-tahapan yang “secara umum” ada di pengelolaan NPD. Secara umum disini artinya, proses yang disampaikan relative praktikal di industri meski bukan berarti urutan proses tersebut mutlak persis seperti itu. Dalam pembahasan juga disampaikan bahwa beberapa perusahaan melakukan parallel proses, penggabungan atau penghilangan nproses seandainya diperlukan.

Agenda ke-2 membahas aspek disain proses lebih detil. Mulai dari definisi, morphology, dan methode yang boleh dii bilang cenderung teoritis mengacu ke text book.

Untuk menyeimbangkan wawasan NPD terkait dengan industry best practice, sudah disubmit beberapa artikel di posting sebelumnya tentang “Camp Samsung, Beauty of Simplicity, dan How to Design the Perfect Product”.

Biar nggak jenuh dengan theoretical approach, di akhis sessi klas disimulasikan proses brainstorming sebagai salah satu proses pada tahapan idea generation. Simulasi ini mencoba mengembangkan ide untuk produk baru. Klas dibagi dua kelompok, kelompok pertama mencoba melihat kemungkinan inovasi produk baru untuk lingkungan dengan ketersediaan internet wireless access yang ada dimana-mana, mulai dari WLAN/WiFi di dalam gedung sampai WiMax di luar gedung. Brainstorming mencoba meng’explore sebanyak-banyaknya kemungkinan produk yang bisa diusulkan dibuat yang menjadi benefit buat pelanggan. Sedangkan kelompok ke-2 mencoba mengembangkan berbagai kemungkinan aplikasi yang bisa diimplementasikan pada lingkungan infrastruktur IPTV atau interactive TV.

Sunday, September 06, 2009

5th September 2009 Class at a Glance : (2) Telematics & Product Life Cycle

Klas kedua mulai dibahas materi inti dari kisi-kisi yang disampaikan pertemuan sebelumnya. Sessi ini dibahas pengertian dari terminologi telematika dan aspek utama dari Product Life Cycle (PLC).

Sebagai bagian dari pengelolaan produk, Pengembangan Produk harus pula melihat secara luas tahapan siklus poduk tersebut. Ada satu kuis yang dilaksanakan pada sessi kali ini, yang terkait dengan korelasi PLC dengan strategi pemasaran. Sedangkan soal kedua yang sedianya menjadi kuis, karena keterbatasan waktu diganti menjadi pekerjaan rumah saja. Soal kedua ini mirip dengan kuis sebelumnya tentang korelasi antara tahapan PLC dengan type pelanggan dan aspek industri dan perusahaan (kompetisi, Resiko, dan lainnya)

Seperti biasa, klasmaya sebagai satu-satunya media untuk sharing resources, telah menyediakan handout sessi lalu yang bisa langsung didownload.

Untuk sessi berikutnya, saya submit beberapa artikel dari situs majalah / online yang dapat dibaca (bukan cuman di download) untuk dibahas bersama sessi depan.

How to Design the Perfect Product
Camp Samsung
Beauty of Simplicity

Friday, September 04, 2009

1st September 2009 Class at a Glance : Introduction

Klas di hari pertama, digeser ke hari Selasa 1600, karena Sabtu lalu saya ada appoinment dengan seorang dokter di Jakarta. Sessi hari itu lebih banyak melihat materi kuliah in a big picture, though not in detail. Issue yang muncul dan dibahas, antara lain:

- Produk vs Service
- Terminologi
- Business Model
- Product Life Cycle
- Marketing Stuff
- Product Development Strategic Orientation & Process

Seperti biasa Klasmaya menyediakan handsout minggu lalu yang bisa langsung diunduh disini.

Wednesday, September 02, 2009

Welcome Speech, for new audience of Klasmaya


Selamat datang buat pemirsa SK-425 dan EL-419 tahun ajaran 2009. Klasmaya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar dan mengajar dari mata kuliah yang saya sampaikan melalui media komunikasi dan kolaborasi untuk model belajar mengajar a'la virtual. Di situs ini tidak akan disebutkan institusi pendidikan formalnya, kecuali beberapa kode-kode yang hanya pemirsa atau formal audiens yang tahu, namun KlasMaya bukan media eksklusif, sehingga selain anggota tetap dari "brick 'n mortar class" kami juga menerima penggembira dan pemirsa lain.

Selamat berkolaborasi meski sebatas komen, berpartisipasi dan bergembira.