Friday, December 19, 2008

Online video is not cannibalizing TV

Inspired by Nielson

A few weeks ago, IBM released a report showing 36% of people watched significantly less TV as a result of their online video viewing. Their study was based on 2,800 people polled across six countries.

A more recent report from Nielsen, however, reveals the opposite: TV viewership is not declining, but is in fact at peak levels. "The new report from the media analysts at Nielsen found that video viewing across all three screens - TV, Internet, and mobile - increased from last year. As of the third quarter 2008, the average person in the U.S. watched approximately 142 hours of TV in one month. In addition, people who used the Internet were online 27 hours a month, and people who used a mobile phone spent 3 hours a month watching mobile video," summarizes Sarah Perez of ReadWriteWeb.

It is important to note that the Nielsen study polls people across the US only.

Perez goes on to emphasize that TV-networks would make a mistake in not making their videos available online. "Viewing has increased on all three screens. That means that even though TV viewing is an all-time high, both mobile viewing and online videos are seeing a surge as well," write Perez. "If anything, that should be a huge encouragement to the industry as it proves that, not only does online and mobile video not detract from TV viewing, there's an opportunity to monetize all three screens for record amounts of income too."

Tuesday, December 16, 2008

Charlotte

  1. Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, minggu kemarin ini saya musti ninggalin Indonesia ke negeri nya om Sam "Obama" tepatnya di kota Charlotte.

    Acaranya cuman seminDaftar Bernomorggu atau persisnya 5 hari di Hilton Center, meskipun dalam rangka pengiritan saya lebih milih nginep di Days Inn (Motel). Foto ini diambil di sekitar hotel yang ngelihatin landmark "Queen of the City" (ada yang tahu kenapa disebut itu?) kalo nggak salah namanya gedung Sears(?).

    Tadinya saya berencana ngirim posting ini waktu di hotel, soalnya meski hotel tersebut jauh lebih murah dari Hilton tapi mereka nyediain fasilitas WiFi gratis. Bagusnya lagi meski di kamar, dan saya juga gak ngelihat antene atau satellit seperti kalo di kita, tapi kualitasnya bagus. Sementara kalau saya denger dari rekan yang nginep di Hilton, mereka musti charge lagi untuk fasilitas itu.

    Tapi meski beberapa malam ada akses internet, lebih banyak fasilitasnya dipake buat email dan chatting ke kolega dikantor atau famili di rumah. Sayangnya laptop saya nggak ada mic buat saya pake Skype. Sementara posting Klasmaya yang meski diniatin dari awal gak kesempatan.

    Untungnya sekarang saya lagi transit di Taipei Airport, dapet free WiFi yang bisa saya pake buat nambah posting Klasmaya.

    Jadi Hallo dari Taipei....

    Kalau saya cek dari email, beberapa sudah ngirim usulan soal UAS. Tapi saya belum dapat kabar dari BAAK, tepatnya tanggal berapa UAS untuk mata kuliah kita. Jadi kita tunggu saja.

Saturday, December 06, 2008

5th December 2008 Class at a Glance : The Business Model

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, berhubung sejak tanggal 6 sampai 16 Desember saya harus melakukan perjalanan ke luar negeri, kuliah dimajukan ke tanggal 5 Desember (sebelumnya direncakan tanggal 3 Desember namun dibatalkan karena saya harus menghadiri rapat di Jakarta). Sebenarnya keberangkatan saya juga pada akhirnya digeser menjadi hari Minggu tanggal 7 Desember, tapi toh jadwal pengganti sudah ditetapkan. Meski sudah direncanakan dan dijadwal ulang beberapa kali, toh kuliah pengganti yang semula dijadwalkan pada pukul 17:00 sempat terlambat lebih dari setengah jam gara-gara lupa dan terbenam pekerjaan untuk mengantisipasi selama 10 hari kedepan, untung salah seorang partisipan dari kalian mengingatkan saya.

Pembahasan klas sebagaimana di rencanakan semula mengulas materi tentang Model Bisnis, khususnya model yang berbasis web. Materi ini saya ambil dari situsnya Prof. Michael Rappa . Jadi sebenarnya tanpa handout materi, kalian bisa akses langsung di situs tersebut. Kalau toh di posting kali ini disediakan juga handout seri terakhir Klas 2008, kalian masih bisa menengok situsnya Rappa untuk lebih memperjelas dan meng’elaborasi bahasan model bisnis.

Pada dasarnya bahasan di klas kemarin lebih mengulas 9 kategori model bisnis yang berhasil diidentifikasi Rappa. Kategori tersebut antara lain Brokerage, Advertising, Infomediary, Merchant, Manufacturer (Direct), Affiliate, Community, Subscription, dan Utility masing-masing dengan penjelasan ringkas dan contoh web sitenya.

Business Model meski bisa dilihat di posisi “beyond product development”, namun seperti yang sering dibahas sebelumnya, pada saat produk baru yang menjadi “main revenue generator” suatu perusahaan khususnya di industri telematika, produk tersebut akan sangat terkait dengan model bisnis yang menjelaskan bagaimana suatu perusahaan memperoleh keuntungan dari aspek finansial.

Sessi terakhir yang seyogyanya saya menerima “a list of possible question for final examination” nampaknya belum terealisir, walhasil saya harus menunggu email dari kalian. So, I look forward to receive your email soon.

Sebagai persiapan untuk UAS, materi semua sudah disampaikan lengkap dengan handout nya di klasmaya. Biasanya open book, though not include laptop or even cellphone, jadi persiapannya hanya baca biar tahu posisi topik nya dihandout mana.
Sampai jumpa di UAS.

Thursday, December 04, 2008

Jadwal Kuliah pengganti Klas terakhir dan Soal UAS


Jadwal pengganti klas di hari Rabu, ternyata harus bergeser lagi ke hari Jum’at jam 17:00 – 19:00 di ruang 204 (sesuai konfirmasi dari BAAK). Hari Rabu kemarin mendadak saya harus berada di Jakarta.

Rencana pembahasan selain review, juga pembahasan materi yang belum disampaikan seperti Business Model. Disamping itu, kalau melihat klas 2006 masih ada materi issue Telco yang bisa dipaparkan, meski sebagian besar sudah ter’cover di bahasan NGN lalu.

Untuk persiapan UAS, saya minta kalian mempersiapkan draft usulan pertanyaan yang layak sebagai masukan penyusunan soal UAS.

Salam dari Anda untuk Anda.

Wednesday, December 03, 2008

Layar Tancep Bulan Desember: We Think

Setelah absen di bulan November, bulan Desember ini Layar Tancep series akan menampilkan video yang buat saya sangat menarik (untuk membiasakan lebih meng'apresiasikan sesuatu). Video berdurasi 4 menit ini mengulas (kalau tidak salah) buku dengan judul sama, yang memaparkan pandangan antara lain:
• Information is everywhere, which is pretty confusing;
• Ideas take life when they are shared;
• New ideas usually come trough conversations, and the Web is a mass of conversations;
• The motto: We Think Therefore We Are
• You are what you share

Selamat menikmati




29th November 2008 Class at a Glance : Montage of NGN Seminar

Judul montage mungkin lebih cocok dipakai disini, daripada pake judul aslinya “Future Lifestyle, Business & Organization--The Connected Life--Digital Community--Youth Culture For Tomorrow” yang terlalu panjang buat dipajang disini. Yang namanya montage (mosaic?) kalau gak salah nempel-nempel bagian atau potongan dari cuplikan kecil sehingga melukiskan gambaran utuh yang boleh jadi berbeda atau memberikan ide komprehensif baru.

Paparan kali ini membahas potongan-potongan dari materi seminar Insync2014 di Pacific Place Jakarta beberapa bulan lalu. Insync2014 pada galibnya merupakan program Telkom dalam mengimplementasikan NGN (ada yang masih ingat singkatannya?) bak dari sisi cost efisiensi infrastruktur maupun flexibilitas inovasi produk baru. Dari sekian makalah yang ditampilkan, hanya beberapa paparan saja yang dicuplik, dipotong dan ditempel jadi montase atau mosaic baru. Sebagai akademisi, kita wajib menampilkan tribute buat penulis aslinya, antara lain Dr. Frank Weyrich (Telco Effectiveness & PLC Detecon Intl.); Varid Airlangga (Alcatel-Lucent); Arthur T. Siahaan (SE Director, CISCO); Indra Utoyo (CIO, Telkom); Vishal Singh (Dir. Comm. Sector, Microsoft SE Asia).

Montase baru menampilkan antara lain isu terkait dengan Consumer Digital Lifestyle Phases, Future Lifestyle, Business & Organization, Web2.0 opportunity, Emerging Connected Life, Device Agnostic, Valuetainment, and the Indonesian Youth Trends. Lebih lengkapnya dapat disimak pada handout berikut ini.

Tuesday, December 02, 2008

Upload e-Book, bagian dari Bab-13 nya Dieter

Meski handout business case calculation sudah dipaparkan dan diupload, berikut ini ditambahkan materi tambahan dari bukunya Dieter yang khusus membahas Economic Decision Making. Materi ini sebenarnya pernah disubmit dua tahun lalu di sini.

Karena aspek copyright (hari gini...masih ada isu copyright) bagian dari bab-13nya Dieter tidak saya scan semua. Tapi karena bobot volumenya cukup besar saya bagi menjadi dua bagian.

Bagian-1
Bagian-2

Selamat bertafakur

25th November 2008 Class at a Glance : Business Case Financial Metrics

Materi pembahasan dengan topik berbau finansial ini menjadi bagian dari pengembangan produk, sebagai bagian pengambilan keputusan produk yang akan di launching.

Isu dari topik kali ini mencakup perhitungan, kalkulasi dan analisis business case yang meliputi Net CF; Cumulative CF, Payback, BEP, ROI, NPV, IRR (akronim ini seharusnya bukan hal yang asing lagi sekarang). Analisa biaya dan keuntungan mencakup aspek “time value of money” dari discount rate yang ditetapkan dengan mengacu pada rate yang umum dipakai.



Tadinya saya rencanakan submit pula file spreadsheet dari formula yang dibahas, tapi nampaknya tidak terlalu mendidik dan membuat kalian semakin manja, jadi mending bikin sendiri lah toh gak terlalu susah.

Meski pembahasan perhitungan business case menggunakan tool spreadsheet, mungkin dipelajari juga perhitungan manualnya, sekiranya muncul di UAS dan gak boleh pake laptop. Jadi selamat hitung-menghitung..