Pada era digital seperti sekarang ini, masyarakat didorong untuk menyelesaikan kegiatan atau tugas sehari-hari secara digital/online. Pada tahun 90 an internet masih dianggap barang mewah, tetapi di tahun 2019 sudah sangat mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan akses internet dengan kecepatan yang memadai. Saat ini, masyarakat di kota-kota besar sangat bergantung kepada ketersediaan internet karena sebagian besar dari aktivitas yang dilakukan membutuhkan internet. Hal ini terus didorong dengan berkembangnya produk dan layanan digital yang mempermudah kehidupan masyarakat baik secara usaha maupun kehidupan sehari-hari.
Menurut Google dan Bain & Company pada e-Conomy SEA 2019 Report, ekonomi internet Indonesia pada tahun 2019 berada pada tingkat USD 40 miliar, dan ditargetkan mencapai USD 130 miliar pada tahun 2025 atau diperkirakan akan tumbuh lebih dari 3 kali lipat. Dengan tren penggunaan internet yang terus meningkat, prospek penyediaan produk dan layanan digital dapat terus berkembang untuk dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat.
Berdasarkan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, jumlah pengusaha bisnis di Indonesia meningkat dari hanya 1,67% menjadi 3,10% dari total penduduk Indonesia, dimana seluruh bisnis tersebut membutuhkan public awareness untuk mendapatkan pelanggan baru dan juga meningkatkan penggunaan produk atau layanan yang ditawarkan pada bisnis.
Periklanan menjadi salah satu cara utama bagi para bisnis mendapatkan public awareness, menurut Nielsen, penetrasi media internet dan OOH secara berturut-turut menempati peringkat kedua dan ketiga, menggantikan posisi koran dan radio. Selain itu, adanya kombinasi dengan digital advertising dimana iklan dapat menargetkan pelanggan dengan kriteria tertentu sehingga kegiatan marketing para pelaku bisnis dapat lebih efisien. Dengan demikian, ke depannya mayoritas perusahaan akan beralih memasarkan produknya melalui periklanan digital untuk membantu menerapkan strategi digital yang komprehensif untuk membantu mereka meningkatkan pertumbuhan pendapatan.
Di Indonesia, industri media dan hiburan kini didominasi oleh platform digital terutama platform video-streaming dan gaming. Berdasarkan Nielsen, platform streaming untuk mengakses konten video, portal TV online, internet TV berlangganan menjadi platform “favorit” bagi pengguna layanan internet. Seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang semakin meningkat dalam menggunakan internet, maka kebutuhan layanan komunikasi data dalam sisi jangkauan maupun kecepatan semakin meningkat. Penetrasi jaringan broadband yang masih rendah serta masuknya era teknologi 5G, mendorong pembangunan infrastruktur teknologi komunikasi saat ini.
No comments:
Post a Comment