Tuesday, June 01, 2010

Final Test Result 2010


Dengan sangat menyesal, penilaian UAS 2010 baru dapat diselesaikan 1 hari lebih lambat dari deadline, walhasil pada saat akan di upload ke modul akademik online, ditolak oleh sistem. Mungkin seminggu sepulang dari Makati, ada banyak pekerjaan kantor menumpuk, juga dengan tenggat waktu yang bersamaan. Namun demikian, hasil penilaian total sudah di submit melalui email ke BAAK Institusi.

Secara umum, perolehan nilai UAS tidak jauh berbeda dengan pencapaian tahun sebelumnya, a.k.a “dissatisfied”. Dari 40 soal multi-choice pilihan tidak ada satupun yang menjawab lebih dari separuh pertanyaan dengan benar. Perolehan tertinggi hanya dicapai pada angka 16 soal benar (yang menarik, dicapai oleh 3 siswa). Rata-rata jumlah yang dijawab dengan benar adalah 13.1 sementara minimal di angka 7 jawaban benar (ga ada 1/5 nya). Jika nilai perolehan dilakukan clustering, hanya ada 2 kelompok besar yaitu kelompok >10 benar (70%) dan <10 benar (30%).
Boleh jadi soalnya terlalu sulit, banyak jebakan, atau membingungkan. Meskipun jumlah soal sudah banyak berkurang dari tahun sebelumnya (60 soal), namun ternyata tidak banyak terjadi peningkatan nilai.

Meski demikian pada penilaian akhir, angka real perhitungan UAS termasuk soal essay dilakukan adjustment untuk distribusi normal rating. Adjustment dari faktor koreksi metode pembelajaran yang mungkin belum efektif atau dari faktor kesulitan soal. Nilai akhir moga-moga sudah bisa disampaikan oleh institusi, kalaupun belum, saya coba buat review sekilas dari total partisipan.

No comments: