Saturday, June 05, 2010

Nilai Akhir EL-102 session 2010

Seperti biasa dan sesuai janji sebelumnya, meski pemerhati klasmaya ex EL-102 2010 boleh jadi mulai berkurang, review perolehan nilai akhir disampaikan pada posting Klasmaya kali ini.

Tahun ini, dari total 20 partisipan resmi dari EL-102 sessi 2010, sangat mengagetkan dengan sekira lebih dari separuhnya tidak mengikuti UAS. Tahun lalu saja, sudah sangat mencengangkan dengan lebih dari seperempat tidak mengikuti UAS. Mungkin angka 20 yang mengacu ke daftar absen tidak terlalu tepat mengingat ada beberapa partisipan yang belum pernah menampakkan batang hidung dan tenggorokannya. Kalau toh ada yang berhalangan mengikuti final test, nyatanya tidak ada satupun yang mengajukan permohonan ujian susulan. Namun sampai posting ini diturunkan, saya belum mendapat data resmi dari institusi perihal angka jumlah partisipan yang tepat.

Dari aspek keaktivan diskusi di klas offline, tugas-tugas, quiz, pekerjaan rumah dan UAS yang menjadi faktor penilaian, diperoleh angka jangkauan perolehan sebagai berikut:


Grafik ini dibaca nilai jangkauan pada sumbu x dengan jumlah pemirsa yang dibaca pada sumbu Y. Berbeda dengan tahun sebelumnya jangkauan (range) cluster kali ini dibuat lebih sederhana dengan hanya dibagi menjadi 4 kelompok.

Dari grafik diatas, terlihat bahwa hampir separuh dari partisipan mendapat score “less than 50”. Seperti telah disampaikan sebelumnya, score ini bukan murni penilaian, namun lebih akibat separuh dari daftar absen tidak pernah mengikuti program offline perkuliahan. Sehingga kita akan konsentrasikan pada separuh sisanya.

Dari aspek Diskusi yang diassess berdasarkan keaktifan di klas, terlihat 40% atau hampir separuhnya dinilai kurang dan dengan angka yang sama juga mendapat penilaian baik, sisanya di posisi cukup.

Aspek Quiz menunjukkan angka yang lebih menggembirakan dengan separuh dinilai baik dan hanya 20% yang dianggap kurang. Dari sisi Homework terlihat pada grafik, 60% dinilai cukup meski ada 20% sangat kurang. Demikian pula pada aspek Tugas / Assignement, sekitar 90% dari partisipan aktif memperoleh penilaian cukup dengan sisanya di kategori baik. UTS didominasi penilaian baik dari 60% partisipan. Berbeda dengan UTS, penilaian UAS tidak ada satupun yang masuk dalam kategori baik, sekira 70% berada di kategori cukup.


Grafik kedua menunjukkan “pacman”, sorry komposisi porsi jumlah pemirsa yang memperoleh nilai standard institusi. Slice terbesar “E” dikontribusi oleh hampir separuh (45%) partisipan yang nampaknya belum serius mengambil mata kuliah ini, atau mungkin berubah keputusan. Kontribusi terbesar kedua berada di posisi B dengan angka precisely seperempat dari total populasi. Segmen A sebagai penilaian terbaik diberikan pada 10% partisipan, kalau perhitungannya hanya melibatkan serius partisipan saja, nilai A dikontribusi oleh 20% populasi (not bad at all).

Jika dibanding tahun lalu, porsi A (“Excellence”) relative menurun dari 21% ke 10%. Kalaupun perbandingan ini meng’exclude partisipan yang unserious, masih terjadi juga penurunan dari 28% ke 20%.

Anyway, congatulation bagi yang telah mencapai nilai terbaik, dan tetap semangat dan terus berusaha jika masih belum mencapai hasil maksimal.

Keep in touch ..



No comments: