Thursday, June 10, 2010

Traffik klasmaya periode 22 April – 23 Mei 2010 : Total Visit per Day

Posting sebelumnya (EL-102 Blog Produktivity Rate) di ulas tentang produktivitas blog khususnya periode semester-1 2010 terkait EL-102 session. Produktivitas diukur dari jumlah posting yang nota bene hanya menunjukkan aspek kuantitas saja.

Pengukuran dari sisi kualitas selalu menjadi persoalan yang tidak mudah, karena melibatkan aspek persepsi dan kepuasan pemerhati klasmaya yang hanya bisa diukur dari assessment (bukan measurement) melalui survey, polling, atau questionaire.

Salah satu metode lain yang mencerminkan perspektif Customer (kalau dalam Balance ScoreCard) atau perpspektif pemerhati klasmaya, adalah dari pengukuran traffik. Traffik bisa menunjukkan seberapa besar ketertarikan pemerhati atau pengelana internet untuk mengunjungi situs klasmaya.

Seingat saya beberapa tahun lalu pernah pula diukur traffik klasmaya, namun pengukuran kali ini memanfaatkan fasilitas gratisan yang berbatas waktu dari layanan web-stat.com. Layanannya cukup mudah dengan menyediakan beragam format laporan (report) dalam bentuk grafik maupun raw data yang bisa di akses melalui spreadsheet.

Periode pengukuran dilakukan dari tanggal 22 April 2010 sampai 23 Mei 2010. Berikut disampaikan beberapa penyajian report dalam bentuk grafik.

Total Visit per Day
Sesuai judulnya grafik ini menyajikan jumlah kunjungan klasmaya dalam periode pengukuran. Obviously dari beberapa kunjungan tersebut beberapa kali yang masuk adalah penulis sendiri. Namun dari grafik tersebut terlihat trafik tertinggi terjadi di tanggal 10 Mei 2010 dengan jumlah 17 kunjungan. Dalam hal ini saya mengasumsikan jumlah kunjungan (Visit) ekivalen dengan jumlah pengunjung. Saya tidak tahu pasti, event apa yang menyebabkan tanggal tersebut menjadi puncak (relatively) kunjungan. Namun dari data detil yang disediakan penyedia statistik, konten yang dijelajah hanya sedikit (5 dari 17) yang terkait dengan current posting, selebihnya adalah penggalian archive klasmaya sebagai Entrance Page. Jika dilihat dari Referrer hanya ada 4 dari 17 yang mengakses melalui direct access (klasmaya.blogspot.com) selebihnya adalah acuan dari Google untuk beberapa keyword terkait dengan RFID, QFD, eTOM, atau IT secara umum.

Jumlah kunjungan terkecil di tanggal 22 April 2010, boleh saya katakan less valid, karena bisa jadi tanggal tersebut dimulai perekaman yang belum satu hari penuh. Secara umum, traffic mengalami trend penurunan khususnya di akhir periode pengukuran. Jika grafik diatas dimampatkan dalam mingguan, traffik perminggu menjadi grafik sebagai berikut :

Grafik diatas semakin jelas menunjukkan kecenderungan traffik yang menurun, terutama sejak minggu yang dimulai 9 Mei 2010 (meskipun minggu tersebut sudah dikontribusi oleh puncak kunjungan di tanggal 10 Mei 2010) dengan rata-rata kunjungan per hari di angka 9.xx.



Jika dilihat dari rata-rata kunjungan per minggu, terlihat hari Sabtu menjadi waktu yang paling diminati untuk berkelana atau mengunjungi klasmaya. Kemungkinan besar, melihat jadwal offline class di hari Sabtu siang, ada waktu di pagi hari untuk mengecek issue atau last posting sebelum pertemuan (Cek waktu). Sedangkan hari minggu menjadi waktu yang tidak populer untuk mengakses blog ini, boleh jadi klasmaya mungkin terlalu serius untuk dikunjungi di hari minggu. Namun secara umum, kecuali hari minggu, traffik kunjungan relatif merata dari Senin sampai Sabtu, hal ini menyiratkan pemerhati klasmaya tidak hanya partisipan klas saja.

Ulasan lain bisa di bahas di posting berikutnya.

No comments: