Wednesday, June 23, 2010

CoGS iPhone 4G Rp 1,6 Juta

Info ini mungkin sudah sebulan lalu muncul di detik.com, tapi saya baru baca ulasan dari portal yang lain, dan saya pikir relevan juga untuk Klasmaya. Berikut cuplikannya:

Biaya yang harus dikeluarkan Apple untuk membuat iPhone 4G diprediksi cuma sebesar US$ 175 atau sekitar Rp 1,6 juta untuk satu unitnya.

Menurut penafsiran Jeffrey Brown, VP Business Intel, ketika merakit iPhone 3GS, Apple hanya merogoh koceknya sebesar US$ 157. Dengan kata lain, biaya pembuatan iPhone 4G lebih mahal US$ 18 ketimbang 3GS.
Namun sampai sekarang harga iPhone 3GS di pasaran masih berada di kisaran harga premium.

Total biaya iPhone 4G tanpa NAND: US$ 150. Sementara jika dengan NAND maka biaya pembuatannya akan menjadi:
· 16GB: $175
· 32GB: $200
· 64GB: $250

Memang jika dilihat sekilas dari biaya pembelian komponen yang digunakan untuk meracik iPhone 4G, biayanya terkesan 'murah'. Namun sebelum meramu komponen-komponen di atas, Apple harus mengeluarkan dana untuk melakukan riset dan pengembangan. Nah, di bagian inilah biasanya anggaran sebuah perusahaan tersedot untuk menghadirkan produk baru. Selain itu ada pula biaya-biaya lain seperti untuk menggaji sumber daya manusia, biaya distribusi dan lainnya yang tentu saja akan dibebankan ke harga jual produk tersebut.

Makanya ketika dilepas ke pasaran, biaya pembuatan dan harga jual terbentang cukup jauh.

No comments: